Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Kamis (13/1) kemarin, mulai dari Presiden dan Wakil Presiden melakukan kunjungan kerja ke daerah hingga usul pembangunan ibu kota negara (IKN) dibiayai dengan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) .

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kamis pagi, bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk kunjungan kerja dengan sejumlah agenda, di antaranya meninjau fasilitas untuk MotoGP 2022 dan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers Sekretariat Kepresidenan, Kepala Negara bersama rombongan terbatas lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Kamis pagi.

Selengkapnya di sini

2. Ma'ruf Amin kunjungan kerja ke Jawa Timur

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Kamis dan Jumat (14/1), guna memberikan orasi ilmiah, meresmikan halal center serta meninjau pengungsian korban letusan Gunung Semeru.

Ia dan rombongan terbatas bertolak dengan menggunakan pesawat khusus kepresidenan BAe-RJ 85 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Kamis pagi, pukul 06.30 WIB, menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur.

Selengkapnya di sini

3. Ma'ruf Amin: Jangan kita menjadi "bangsa tong kosong nyaring bunyinya"

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, mengingatkan agar masyarakat Indonesia jangan sampai menjadi negara dengan stigma “tong kosong nyaring bunyinya” atau terlalu banyak bicara tetapi tidak memiliki pengetahuan memadai karena tidak memiliki kebiasaan membaca.

Ia menyayangkan Indonesia menjadi negara dengan minat baca sangat rendah, namun dalam bermain media sosial menjadi urutan kelima terbanyak di dunia.

Selengkapnya di sini

4. Tjahjo Kumolo terbitkan SE pembatasan ASN berlibur ke luar negeri

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 03 Tahun 2022 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Negeri bagi Pegawai ASN pada Masa Pandemi COVID-19.

Dalam SE yang ditandatangani Tjahjo Kumolo, Kamis, pegawai ASN dan keluarga diminta membatasi kegiatan bepergian ke luar negeri dalam rangka berlibur selama masa pandemi COVID-19.

Selengkapnya di sini

5. Menteri PPN usulkan pembangunan IKN dibiayai APBN

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengusulkan pembangunan ibu kota negara (IKN) dibiayai dengan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk tenor jangka panjang.

"Sifatnya kewajiban dari APBN itu sudah ada, sehingga kita ingin menghindari kewajiban itu secara kaku, tetapi memberikan juga jaminan untuk terbuka bahwa APBN bisa membiayai pembangunan IKN dengan skema-skema jangka panjang," jelas Suharso dalam rapat panitia kerja (Panja) dengan panitia khusus (Pansus) RUU IKN di Gedung DPR, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022