Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada 9-15 Januari 2022 mendapat banyak perhatian dari pembaca seperti pemerintah mengajak generasi milenial ambil peluang di era metaverse hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai reborn.

Berikut rangkumannya:

1. Sandiaga Uno ajak generasi milenial ambil peluang di era metaverse

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak generasi milenial dan Z meningkatkan kompetisi untuk mengambil peluang di era metaverse yang penuh berbagai peluang baru dalam percepatan ekonomi terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Pemerintah siapkan Rp370 triliun untuk KUR alumni prakerja

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan sepanjang tahun 2022, pemerintah telah menyiapkan anggaran sekitar Rp370 triliun untuk bantuan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) bagi alumni program kartu prakerja.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Menkop UKM: UMKM sudah mulai reborn

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah mulai reborn atau kembali pulih dari dampak krisis ekonomi yang terjadi pada 2020 akibat pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini

 

4. Wamendag tegaskan pentingnya pengelolaan kripto

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan pentingnya sikap yang tepat dalam perdagangan kripto untuk memberikan kepastian usaha dan kepastian hukum bagi perlindungan investor dan konsumen uang digital tersebut di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Menko Luhut minta masyarakat tahan diri untuk tidak ke luar negeri

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat menahan diri agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk beberapa minggu ke depan.

Hal itu perlu dilakukan guna menekan penyebaran varian Omiron yang utamanya disebabkan oleh para Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang kembali ke Indonesia.

Baca selengkapnya di sini


Baca juga: Pemerintah implementasikan dunia metaverse pada IKN baru
Baca juga: Erick: Pengembangan UMKM nantinya lewat pembiayaan dan investasi
Baca juga: Pemerintah proyeksi realisasi KUR 2021 capai 99,9 persen


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022