Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengirimkan bantuan logistik dan puluhan personel gabungan untuk membantu penanganan korban gempa bumi di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menyebutkan, bantuan logistik DKI Jakarta dimuat dalam sembilan truk dari kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dikirim pada Senin bersama 75 personel gabungan.

"Pemprov DKI senantiasa bergerak cepat menyalurkan bantuan untuk penanganan bencana alam di berbagai daerah yang terkena musibah bencana alam. Ini bentuk kolaborasi jajaran Pemprov DKI Jakarta membantu sesama anak bangsa," ujar Sabdo dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Sabdo menjelaskan, sembilan truk bantuan logistik tersebut berisikan sebanyak 26 item. Di antaranya, kasur, tempat tidur velbed, makanan, tenda, serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk penanganan gempa di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Sedangkan75 personel gabungan itu berasal dari BPBD, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) serta Baznas (Bazis) DKI Jakarta.

"Kami juga akan membenahi sejumlah rumah warga yang rusak akibat gempa. Untuk itu, kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Pandeglang, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD dan Camat Sumur," tuturnya.

Baca juga: BPBD DKI imbau masyarakat tetap tenang
Sejumlah pegawai di Balai Kota Jakarta berkumpul di halaman depan gedung kantor gubernur DKI Jakarta saat terjadi gempa bumi pada Jumat sore (14/1/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban secara langsung menerima bantuan logistik dari Pemprov DKI di Pendopo Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang,. Dia menyampaikan terima kasih kepada Pemprov DKI.

"Kami berterima kasih atas bantuan logistik yang disalurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bantuan yang diberikan ini dibutuhkan dan bermanfaat dalam penanganan musibah gempa bumi," ujar Tanto.

Tanto menambahkan, Pemkab Pandeglang segera mendistribusikan bantuan logistik kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa bumi.

Tim reaksi cepat dari Pemprov DKI Jakarta juga akan ditempatkan di lokasi gempa, termasuk mobil ambulans untuk membantu Pemkab Pandeglang dalam penanggulangan bencana.

Bantuan logistik dan tim reaksi cepat yang dikerahkan Pemprov DKI Jakarta akan bersinergi di lapangan dalam penanganan pemulihan setelah bencana di Pandeglang.

"Ini kerja bersama dengan tim BPBD Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang," katanya.
Baca juga: BPBD DKI sisir potensi gedung retak usai gempa

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022