Lombok Barat (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat siap mempercantik Bundaran Giri Menang Square Gerung untuk menyambut gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18 hingga 20 Maret 2022.

"Insya Allah sebelum MotoGP, bundaran by pass, Gerung sudah didandani indah oleh Dinas Perkim Lombok Barat," ujar Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, saat meninjau Bundaran Giri Menang Square (GMS) Gerung bersama Bupati Lombok Barat Faozan Khalid di Jalan Bypass Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Barat, Selasa.

Ia mengatakan, selain Bundaran GMS Gerung, jalan bypass dari Kota Mataram hingga kawasan Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah akan terus ditata dan didandani menjadi indah menjelang perhelatan MotoGP.

"Jadi semua akan ditata," katanya.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengatakan pihaknya dan Pemerintah Provinsi NTB akan terus memperkuat sinergitas dalam menyambut perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Menurut dia, salah satu fokus Lombok Barat adalah memperindah dan menata Bundaran Bypass Gerung sebagai pintu gerbang menuju Kota Mataram dan kawasan Mandalika.

"Termasuk lampu-lampu bundaran dan lampu jalan yang menjadi wewenang Pemkab Lombok Barat juga sudah kami siapkan," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk penataan bundaran Gerung sebenarnya sudah dua kali dianggarkan, mulai dari Tahun 2020 dan 2021, tetapi selalu terkena pengalihan fokus anggaran untuk penanganan COVID-19.

"Meski demikian, kami tetap upayakan untuk ditata dan diperindah sebelum ajang MotoGP digelar," katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kekurangan penginapan dan hotel bagi penonton MotoGP, Pemkab Lombok Barat juga telah berkomunikasi dengan agen-agen travel lokal untuk mengidentifikasi rumah-rumah warga yang kosong di Lombok Barat guna dijadikan homestay.

"Alhamdulillah Dinas Pariwisata Lombok Barat dan agen travel lokal sedang melalukan standarisasi rumah-rumah warga yang layak dijadikan sebagai homestay," jelasnya.

Fauzan menjelaskan, ada beberapa agen travel dari luar daerah telah menawarkan penginapan dengan pola tenda. Ada ribuan tenda yang akan disiapkan.

"Terakhir ada dari Palembang, mereka mau siapkan 1.000 tenda di Gili Gede. Itu semua kami sambut dan layani. Karena dampaknya akan begitu luar biasa ketika ajang MotoGP digelar di Lombok," katanya.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022