Jakarta (ANTARA) - Mercy Corps Indonesia (MCI) dengan dukungan VISA Foundation, melalui program CAMELIA (COVID-19 Recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang) turut menggandeng DANA untuk mengoptimalkan kebutuhan UMKM terhadap pemanfaatan layanan keuangan digital serta program pemberdayaan bagi pengusaha perempuan yang terkena dampak COVID-19 di Jawa Timur.

"Mercy Corps Indonesia mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi dari efek pandemi COVID-19 dengan menghadirkan program CAMELIA sebagai sarana edukasi, peningkatan keterampilan dan berjejaring," kata Executive Director Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis, dalam keterangannya, Kamis.

Baca juga: QR Code hingga e-wallet jadi tren pembayaran digital Indonesia 2021

Program CAMELIA yang difokuskan pada pemberdayaan pengusaha perempuan sejalan dengan komitmen DANA yang terus mendukung penuh perempuan Indonesia dalam memperoleh akses ekonomi digital yang inklusif, termasuk pada sektor UMKM.

"Peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya perempuan melalui pemanfaatan dompet digital terus kami lakukan di DANA, salah satunya dengan menciptakan produk digital yang inklusif untuk semua gender, menjangkau pelaku usaha perempuan sebagai roda penggerak ekonomi, dan melakukan edukasi literasi keuangan digital yang berkelanjutan," kata Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara.

Rangkaian program edukatif dan informatif juga telah DANA siapkan untuk para peserta program CAMELIA di antaranya dengan sosialisasi dan pelatihan mengenai DANA, khususnya yang berkaitan dengan jenis-jenis fitur yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan usaha serta mempermudah pencatatan transaksi digital.

Salah satunya adalah fitur DANA Bisnis yang ditujukan khusus untuk pemilik usaha yang memiliki bisnis online maupun offline dan kini telah menjangkau lebih dari 400 ribu UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program CAMELIA yang dilaksanakan Mercy Corps Indonesia sejak April 2021 hingga bulan Februari 2022 mendatang, ditargetkan akan menjangkau 300 perempuan pengusaha mikro dan kecil di Malang Raya.

Program ini diwujudkan dengan rangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha, akses ke layanan Lembaga Keuangan Formal dengan produk tabungan usaha dan pinjaman modal serta peningkatan literasi keuangan dan literasi digital yang diperlukan untuk memperkuat bisnis mereka, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, dan membangun masa depan usaha yang lebih tangguh.

Pelaksanaan program CAMELIA di Malang Raya juga berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kota Malang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Pemerintah Daerah di Malang Raya, Lembaga Keuangan Formal, Universitas, Instansi serta komunitas UMKM di Malang Raya.

Baca juga: Terintegrasi dengan kartu perbankan, DANA jamin keamanan data

Baca juga: DANA capai 35 juta pengguna aktif dan 87 ribu mitra UMKM di 2019

Baca juga: Konsumen kian terbiasa bertransaksi secara digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022