Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel berkomitmen untuk meningkatkan jaringan 3G ke 4G secara bertahap di seluruh wilayah di Indonesia mulai tahun ini.

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menikmati akses jaringan berteknologi terdepan yang merata dan setara," kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, dalam keterangan resmi, Jumat.

Langkah ini merupakan respons Telkomsel untuk mengkaji penghapusan layanan 3G, sesuai dengan arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Peningkatan seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri," kata Hendri.

Dalam proses ini, Telkomsel sudah memastikan kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses peralihan berlangsung dan kesesuaian dengan peraturan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

"Kami juga berharap dukungan seluruh pihak dan pemangku kepentingan terkait dalam membantu proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini. Kolaborasi dengan pemerintah, para mitra pendukung seperti mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra penyedia perangkat juga akan semakin membantu percepatan adopsi dan adaptasi layanan 4G/LTE secara lebih inklusif dan merata, di seluruh pelosok negeri," kata Hendri.

Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, mengatakan mereka sudah melakukan persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan dan mitigasi terhadap potensi gangguan.

Telkomsel memprioritaskan pengalihan jaringan dari 3G ke 4G di wilayah yang sudah memanfaatkan layanan 4G secara merata dan matang.

Telkomsel, seiring dengan rencana ini, meminta pelanggan mereka yang masih menggunakan 3G untuk beralih ke layanan 4G/LTE yaitu dengan mengganti kartu SIM (SIM Card).

Penggantian ke kartu uSIM 4G bisa dilakukan dengan datang langsung ke gerai GraPARI dan MyGraPARI.

Jika tidak bisa datang langsung, pengguna bisa menghubungi asisten virtual Telkomsel, atau mengontak ke akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter. Mereka juga menyediakan akses melalui e-commerce yaitu Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan JD.ID.




Baca juga: IKN Nusantara andalkan Palapa Ring Integrasi untuk jaringan komunikasi

Baca juga: IKN Nusantara dipastikan akan miliki jaringan komunikasi 5G

Baca juga: Menkominfo tegaskan frekuensi 5G Indonesia tak ganggu penerbangan

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022