Jakarta (ANTARA) - Twitter mengumumkan fitur baru untuk menampilkan NFT pada foto profil akun mereka, mengikuti tren yang populer sejak tahun lalu.

Fitur ini baru tersedia pada perangkat iOS untuk pengguna layanan berbayar Twitter Blue, dikutip dari Reuters, Jumat. Pengguna bida menghubungkan akun Twitter mereka ke dompet mata uang kripto.

Baca juga: Twitter akhirnya kembali beroperasi di Nigeria

Untuk membedakan dengan foto profil biasa, foto profil non-fungible token (NFT) menampilkan bentuk heksagonal. Ketika foto diklik, akan tampil karya yang dijual.

Twitter beberapa waktu belakangan ini meluncurkan fitur yang berkaitan dengan aset kripto seperti NFT. Tahun lalu, mereka memberikan fitur mengirim dan menerima mata uang kripto Bitcoin.

Firma riset pasar DappRadar menyebutkan penjualan NFT mencapai 25 miliar dolar Amerika Serikat pada 2021. Tapi, ada perlambatan menjelang akhir tahun.

Para pendukung teknologi Web2, salah satunya NFT, berpendapatan desentralisasi kepemilikan seperti ini memberikan jalan untuk menghasilkan uang dari kreasi mereka dibandingkan mengandalkan platform teknologi.

Para kritikus menolak klaim soal desentralisasi tersebut, dengan alasan layanan yang mengadopsi teknologi tersebut didukung sedikit pemodal.

Baca juga: Twitter blokir miliarder Meksiko karena berperilaku kasar

Baca juga: Twitter rilis fitur bantu pengguna tandai cuitan disinformasi

Baca juga: Twitter Spaces kini bisa direkam seluruh pengguna Android dan iOS

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022