Anggota Polri memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Apalagi sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19
Kediri (ANTARA) - Ratusan anggota Polres Kediri Kota, Jawa Timur, mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 penguat sebagai upaya lebih memperkuat kekebalan tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Kediri Kota Iptu Henry Mudi mengungkapkan anggota yang disuntik vaksin penguat tersebut ada 676 orang yang terdiri dari anggota Polri, ASN dan PHL (pegawai harian lepas) di lingkungan Polres Kediri Kota.

"Anggota Polri memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Apalagi sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19 dalam melayani masyarakat, sehingga kami berharap ini bisa meningkatkan kekebalan (imunitas)," kata Henry di Kediri, Sabtu.

Baca juga: Gubernur Jatim apresiasi penanganan COVID-19 di Kota Kediri

Ia mengatakan jenis vaksin ketiga itu adalah Pfizer. Vaksinasi dilakukan, dengan harapan herd immunity juga bisa secepatnya terbentuk. Terlebih lagi, COVID-19 saat ini belum selesai, bahkan muncul varian baru termasuk Omicron.

Sebelum diberikan suntikan penguat tersebut, seluruh anggota juga harus dilakukan pemeriksaan guna memastikan apakah mereka layak atau harus ditunda pemberian vaksinnya.

Setelah prosedur dilakukan termasuk cek tensi darah, kemudian dilanjutkan dengan pemberian vaksin penguat. Mereka juga harus tetap menunggu setelah pemberian vaksin itu apakah ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) atau tidak.

Baca juga: Pengasuh dan santri di Lirboyo Kediri divaksinasi dengan AtraZeneca

"Kami menghadirkan dokter pula. Ini bagian dari screening.Jika memiliki penyakit penyerta dan kalau dari anjuran belum layak menjalani vaksin ketiga maka anggota tersebut tidak akan kita lakukan vaksinasi," ujar dia.

Ia menambahkan, setelah ini Polres Kediri Kota juga akan masif melakukan serbuan vaksinasi untuk dosis ketiga dengan sasaran seluruh warga wilayah hukum Polres Kediri Kota.

Baca juga: Ketua RT di Kota Kediri dapat giliran vaksinasi COVID-19

Untuk saat ini, Polres Kediri Kota melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum dengan sasaran anak-anak dan warga lanjut usia (lansia). Vaksinasi anak-anak dilakukan di sekolah-sekolah dengan tetap koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Kediri.

"Untuk sekarang, kami masih melaksanakan vaksin untuk anak dan lansia dan dalam waktu dekat sesuai program pemerintah kami akan laksanakan juga vaksin ketiga untuk masyarakat Wilayah Hukum Polres Kediri Kota. Akan segera kita laksanakan," kata Iptu Henry.

Baca juga: Pemkab Ende targetkan vaksinasi capai 90-an persen Maret 2022

Baca juga: 118,49 juta orang di Indonesia dapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022