Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan kepada jajarannya terkait pentingnya latihan pratugas yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di Provinsi Papua serta Papua Barat.

"Latihan pratugas Satgas Kodim, Lanal, Lanud dan Satgas Pamtas Statis di wilayah Papua ini cukup penting," kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui kanal YouTube yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI saat menggelar rapat mengenai rencana materi latihan Pratugas Satuan Tugas (Satgas) Komando Distrik Militer TNI AD, Satgas Pangkalan Angkatan Laut, Satgas Pangkalan Angkatan Udara dan Satgas Pengamanan Perbatasan Statis di Wilayah Papua serta Papua Barat.

Baca juga: Panglima TNI tunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak jabat Pangkostrad
Baca juga: Panglima TNI ingin Korps Paskhas lebih banyak terlibat kegiatan
Baca juga: Panglima pastikan TNI kawal pembangunan Papua secara berkelanjutan


Latihan Pratugas tersebut direncanakan berlangsung selama 12 hari dengan beberapa materi inti dasar hingga materi yang difokuskan untuk ketiga satgas angkatan.

Materi tersebut yakni terkait pembinaan teritorial TNI AD, pembinaan potensi maritim TNI AL dan pembinaan potensi Dirgantara TNI AU.

"Jadi, dalam latihan Pratugas itu langsung di titik tujuannya. Begitu sudah pratugas tidak boleh lagi sama-sama," ujar mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI memberikan penambahan terkait materi yang akan diberikan di antaranya terus mengubah kegiatan dengan melakukan rutinitas secara berkala, serta cara beraktivitas di tengah personel bertugas.

Selain itu, Jenderal TNI Andika Perkasa juga memutuskan mengubah mekanisme pendistribusian daya biaya latihan untuk perorangan. Nantinya, semua akan di transfer langsung ke rekening bank gaji setiap prajurit Satgas TNI yang bertugas oleh Pusat Keuangan TNI.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022