Jakarta (ANTARA) - Bursa Efek Indonesia (BEI) mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa soal pasar modal melalui kolaborasi dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono W Widodo mengatakan, pihaknya menyadari bahwa tanggung jawab peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bukan hanya dari dunia pendidikan tinggi semata, namun akan lebih optimal apabila didukung sinergi dengan dunia usaha dan industri.

"BEI sangat mendukung kepada para mahasiswa khususnya yang berada di komisariat ISEI Jakarta yang ingin belajar lebih jauh tentang industri pasar modal dan siap dalam penyediaan edukasi pelatihan perkuliahan ataupun perkuliahan magang bagi mahasiswa tingkat akhir sebagai bekal ilmu dan nilai tambah yang bernilai bagi mereka," ujar Laksono di Jakarta, Senin.

Laksono menyampaikan, BEI juga memiliki anak perusahaan yang bernama The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) yang khusus memberikan edukasi, sertifikasi, dan juga sebagai pusat referensi data mengenai pasar modal yang dapat digunakan oleh para mahasiswa yang membutuhkan data dan juga sertifikasi untuk peningkatan kapasitas.

TICMI juga telah mendukung Program Kampus Merdeka dengan melakukan program magang pada 2021 yang diikuti 56 mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan kegiatan akhir berupa praktik penyelenggaraan edukasi pasar modal di seluruh Indonesia bersama dengan 11 perusahaan efek.

'Semoga kerjasama antara dunia pendidikan, usaha, dan industri ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan nilai manfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia," kata Laksono.

Sementara itu, Ketua ISEI Jakarta Inarno Djajadi mengatakan, kolaborasi keempat lembaga tersebut bertujuan untuk mendorong dan membekali mahasiswa dengan pengalaman dan kompetensi yang akan terhubung dengan kebutuhan dunia kerja dan dinamika era revolusi industri 4.0 sehingga diharapkan dapat menghasilkan SDM yang unggul untuk mewujudkan Indonesia maju.

ISEI Jakarta adalah organisasi yang menaungi sarjana ekonomi Indonesia wilayah Jakarta. Saat ini komisariat ISEI Jakarta yang telah bergabung sebanyak 28 komisariat yang diantaranya terdiri dari universitas-universitas dan perguruan tinggi.

"ISEI Jakarta didukung oleh konsorsium perguruan tinggi di Jakarta memandang perlu untuk menjalin kerja sama melalui MoU ini guna menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM seperti magang bagi mahasiswa tingkat akhir serta mendukung peningkatan kualitas Tri Dharma perguruan tinggi seperti praktik mengajar, kuliah pada industri, dan pemutakhiran kurikulum sesuai kebutuhan yang ada," ujar Inarno.

Ia menambahkan, kerja sama tersebut mencakup magang berkonversi pelatihan dan juga perkuliahan atau kegiatan edukasi bagi mahasiswa, yang diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi dunia pendidikan ke depannya.

"Ketika mahasiswa mendapatkan literasi langsung melalui praktek kerja, kompetensi semakin meningkat, sehingga dapat menjadi bekal dan pengalaman yang bernilai bagi mahasiswa sebelum nantinya akan benar-benar terjun ke dunia kerja," kata Inarno.

Baca juga: BEI: Generasi Z mendominasi jumlah investor saham di Jawa Barat
Baca juga: Pasar modal tumbuh positif selama 2021, IHSG sempat tembus rekor baru
Baca juga: BEI yakin masuknya unicorn akan dongkrak kapitalisasi pasar modal

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022