Makassar (ANTARA) - PT Pelindo Jasa Maritim, subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) siap mendukung operasional pelabuhan di Sumatera.

"Dalam rangka kerja sama marine untuk menindaklanjuti pengambilalihan pengoperasian, Pelindo melakukan kunjungan ke beberapa pelabuhan yang ada di wilayah Sumatera," kata

Sekretaris Perusahaan Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) Diani V A Nangkah dalam keterangan persnya di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, selain pengambilalihan pengoperasian, kunjungan Direksi SPJM juga untuk persiapan pemeliharaan peralatan yang ada di pelabuhan-pelabuhan di ujung wilayah barat Indonesia tersebut.

Menurut dia, sejak merger pada 1 Oktober 2021, terbentuk PT Pelindo Jasa Maritim yang merupakan Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang fokus pada marine service, yakni pelayanan kapal di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo kini ditangani oleh SPJM.

Secara bertahap, lanjut dia, pihak direksi dan tim SPJM terkait telah melakukan kunjungan ke semua pelabuhan kelolaan Pelindo, termasuk yang berada di wilayah Sumatera.

“Kunjungan itu bertujuan untuk membahas potensi bisnis dan peninjauan kesiapan peralatan di pelabuhan tersebut,” katanya.

Begitu pula yang dilakukan pada kunjungan ke Terminal Petikemas (TPK) Perawang Pekanbaru untuk membahas potensi bisnis dan peninjauan peralatan pelabuhan di cabang tersebut.

Menurut Diani, PJM memiliki bisnis dan pengalaman di bidang jasa layanan kapal, kelautan, peralatan, dan jasa kepelabuhanan lainnya seperti pengerukan, utilitas, dan energi.

Wilayah operasional PJM mencakup seluruh nusantara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, serta terbuka kesempatan kerja sama baik domestik maupun luar negeri.

Baca juga: Pelindo 1 perkuat bisnis jasa maritim di Selat Malaka
Baca juga: Pelindo-KAI-PTPN III optimalkan Terminal Multipurpose Kuala Tanjung
Baca juga: Pelindo Multi Terminal beroperasi di Terminal Pelabuhan Dumai

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022