Jakarta (ANTARA) - Sejumlah tembikar, barang-barang perunggu, serta patung manusia dan hewan yang terbuat dari emas, perak dan perunggu ditemukan di Lubang Nomor 1 museum ikonis yang menampung koleksi pasukan Prajurit Terakota di Provinsi Shaanxi, China barat laut.

Pekerjaan penggalian di Lubang Nomor 1 dan lubang pemakaman di sekitarnya dimulai pada 2013, menurut Museum Situs Mausoleum Kaisar Qinshihuang, seperti dilansir Xinhua, Senin (24/1). 

Lubang Nomor 1 memiliki tiga lubang pemakaman yang menampung patung kuda dan kereta, di mana satu set berisi 15 lonceng, patung-patung manusia yang terbuat dari logam yang menampilkan aksi akrobatik yang hidup, serta patung-patung hewan berhasil ditemukan. Peninggalan tersebut menunjukkan status terhormat dan berpangkat tinggi dari sang pemilik makam, kata pihak museum.

Hingga saat ini, para arkeolog telah memugar beberapa barang antik seperti patung unta yang terbuat dari emas dan perak, patung-patung penari dari emas, tripod dari giok, dan patung anjing pemburu dari perak.

Pasukan Prajurit Terakota yang ditemukan pada 1974 itu dibangun oleh Kaisar Qinshihuang dari Dinasti Qin (221 SM-207 SM), yang menyatukan China untuk pertama kalinya.

Lubang Nomor 1 yang merupakan lubang pemakaman terbesar yang digali sejauh ini, mencakup area seluas 14.260 meter persegi. Jika melihat dari susunan patung-patung tentara tersebut, lebih dari 6.000 patung prajurit terakota dan kuda kemungkinan dapat ditemukan di dalam lubang itu setelah penggalian penuh.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022