Semoga keberadaan pelatih Sudirman membawa Persija kembali ke papan atas
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persija Jakarta Sudirman menyebut bahwa skuadnya akan meredam agresivitas Persita demi meraih tiga poin saat kedua tim bersua pada laga pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2021-2022 di Stadion I Gustri Ngurah Rai, Denpasar, Rabu (26/1).

"Persita memiliki pemain yang agresif baik dalam menyerang maupun bertahan. Saya menginstruksikan kepada pemain agar meredam agresivitas tersebut, salah satunya dengan cara memanfaatkan setiap peluang dengan maksimal," ujar Sudirman dalam konferensi pers sebelum laga yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Agar mampu menjalankan strategi di lapangan, juru taktik berusia 52 tahun itu pun meminta Marko Simic dan kawan-kawan untuk berkonsentrasi penuh sepanjang pertandingan.

Baca juga: Persija hadapi dua laga tambahan termasuk lawan Persib

Setiap laga, Sudirman melanjutkan, harus dianggap sebagai partai final karena Persija tengah mengejar target menduduki minimal peringkat ketiga klasemen pada akhir musim.

Pria yang pernah menjadi kapten tim nasional Indonesia itu tidak ingin skuad "Macan Kemayoran" kembali tergelincir seperti pada dua laga terakhir mereka yang membuat Persija gagal meraih poin penuh.

Pada dua pertandingan itu, Persija dikalahkan Persipura 1-2 pada Selasa (11/1) dan ditahan imbang Persela 1-1, Sabtu (15/1).

"Semua laga ke depan kami anggap seperti final. Jadi, pemain mesti berkonsentrasi dan termotivasi penuh. Pemain harus menginginkan kemenangan dalam setiap pertandingan," kata Sudirman.

Sudirman sendiri baru ditunjuk sebagai pelatih skuad utama Persija pada Rabu (19/1) untuk menggantikan juru taktik asal Italia Angelo Alessio.

Namun, kapten sekaligus penjaga gawang Persija Andritany Ardhiyasa menegaskan bahwa hal tersebut sama sekali tidak mengganggu persiapan melawan Persita. Justru, Sudirman dianggap pelatih yang sesuai untuk Persija lantaran sudah berada di sana sebagai asisten pelatih dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Persija siap penuhi target tiga besar Liga 1

"Pelatih Sudirman tidak asing bagi kami. Kami pernah bekerja sama di Piala Menpora 2021 dan hasilnya membawa trofi juara ke Jakarta. Semoga keberadaan pelatih Sudirman membawa Persija kembali ke papan atas," tutur Andritany.

Akan tetapi, kiper berusia 30 tahun itu mengingatkan rekan-rekannya bahwa pergantian pelatih bukan satu-satunya metode untuk membuat Persija menjadi lebih baik.

"Pergantian pelatih tidak dapat begitu saja menyelesaikan masalah. Semua kembali ke kami sebagai pemain. Saya pribadi memiliki motivasi besar untuk mengembalikan Persija ke papan atas," ujar Andritany.

Pertandingan Persija melawan Persita akan berlangsung mulai 20.30 WIB atau 21.30 WITA.

Ketika berjumpa pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2021-2022, 28 September 2021, Persija menahan imbang Persita dengan skor 1-1.

Dalam 10 pertandingan terakhir antara kedua tim, Persija mencatatkan tujuh kemenangan, sementara Persita tak pernah menundukkan lawannya itu.

Baca juga: Sudirman: Pemain Persija sulit jalankan filosofi Angelo Alessio

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022