Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama enam wakil lembaga tersebut meninjau proses pembangunan Bendungan Sepaku Semoi yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam rangkaian kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN).

"Bendungan Sepaku Semoi ini akan mengaliri di Kabupaten Penajam Paser Utara ini," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Kalimantan Timur, Kamis.

Bambang Soesatyo mengatakan pemerintah akan berupaya Bendungan Sepaku Semoi bisa rampung atau selesai Desember 2022. Dengan demikian persediaan air di bendungan itu bisa mengaliri di kawasan Ibu Kota Nusantara.

Selain Ketua dan Wakil MPR RI, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, juga meninjau langsung pembangunan bendungan tersebut.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan Bendungan Sepaku Kaltim rampung Desember 2023

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat rampung pada Desember 2023. Bendungan Sepaku Semoi telah dimulai konstruksinya sejak Juli 2020.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berada di bawah tanggung jawab Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR dengan kontrak tahun jamak hingga 2023 senilai Rp556 miliar. Kontraktor pelaksana adalah PT Brantas Abipraya-PT Sacna-PT BRP (KSO).

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022