Bank Investasi Eropa meluncurkan Cassini Space Fund untuk memastikan pendanaan bagi UKM dan perusahaan rintisan yang bergerak dalam bidang industri antariksa, lewat penyediaan dana sebesar 1 miliar euro
Jakarta (ANTARA) - Eropa harus mempercepat langkahnya untuk memastikan kawasan itu tetap bersaing dalam perlombaan antariksa, ujar anggota Parlemen Eropa sekaligus Ketua Sky and Space Intergroup Marian-Jean Marinescu.

"Kami semua sepakat bahwa UE (Uni Eropa) harus mempercepat langkahnya jika kami ingin mampu menghadapi persaingan yang kuat. Kami semua sepakat bahwa kami harus lebih banyak melakukan investasi dan lebih efisien dalam pembelanjaan," kata Marinescu dalam pernyataan penutupnya dalam Konferensi Antariksa Eropa (European Space Conference) ke-14 pada Rabu (26/1).

Beberapa topik lain yang disepakati termasuk lebih banyak dukungan finansial bagi perusahaan rintisan atau start-up dan usaha kecil dan menengah (UKM), meningkatkan pentingnya sektor antariksa bagi militer, dan siklus inovasi yang lebih pendek, menurut Marinescu.
 
Sebuah pesawat mengudara dalam ajang International Paris Air and Space Show ke-52 yang diadakan di Le Bourget di dekat Paris, Prancis, pada 19 Juni 2017. (Xinhua/Chen Yichen)  


Pada Rabu, Bank Investasi Eropa meluncurkan Dana Antariksa Cassini (Cassini Space Fund) untuk memastikan pendanaan bagi UKM dan perusahaan rintisan yang bergerak dalam bidang industri antariksa, lewat penyediaan dana sebesar 1 miliar euro (1 euro setara Rp16.191).

Marinescu mendesak sejumlah institusi Eropa dan negara-negara anggota UE lainnya untuk segera mengambil langkah pada 2022, seraya beralasan bahwa kurangnya kemauan politik menyebabkan Eropa tertinggal. 
 

Orang-orang mengunjungi ajang International Paris Air and Space Show ke-52 di bandara Le Bourget di dekat Paris, Prancis, pada 19 Juni 2017. (Xinhua/Chen Yichen)


Pada hari yang sama, Komisioner Eropa bidang Pasar Internal Thierry Breton mengumumkan bahwa sebuah proposal legislatif baru untuk konstelasi konektivitas yang aman akan siap dalam beberapa pekan mendatang, yang direspons Marinescu dengan menjanjikan Parlemen Eropa akan bekerja sama untuk memastikan proses negosiasi berjalan secepat mungkin.

Breton juga mengumumkan Strategi Eropa untuk Manajemen Lalu Lintas Antariksa yang, menurut Marinescu, itu terlambat, tetapi lebih baik dibandingkan tidak sama sekali.

Konferensi Antariksa Eropa ke-14 diadakan di Brussel, Belgia, dalam format hibrid akibat pandemi COVID-19, pada 25 hingga 26 Januari 2022. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022