Jadi temuan itu disebut sudah terhilirisasi jika sudah bisa dikomersialisasi. Jadi di dalam inovasi itu, kita sudah berbicara tidak hanya pada aspek. Kita harus yakini bahwa temuan kita yang baru itu bisa digunakan oleh masyarakat dan industri,
Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendorong inovasi hasil riset para dosen dapat dipublikasikan dan menghasilkan profit.

Wakil Rektor V Bidang Promosi dan Kerja Sama UMI Prof Dr Ir M Hattah Fattah M dalam taklimat media di Makassar, Ahad mengatakan temuan inovasi  itu pada dasarnya tidak boleh hanya sampai pada publikasi.

"Jadi temuan itu disebut sudah terhilirisasi jika sudah bisa dikomersialisasi. Jadi di dalam inovasi itu, kita sudah berbicara tidak hanya pada aspek. Kita harus yakini bahwa temuan kita yang baru itu bisa digunakan oleh masyarakat dan industri,” katanya.

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UMI itu menjelaskan yang dimaksud dengan bernilai profit adalah memiliki nilai yang meningkat secara ekonomi.

“Misalnya kalau produk masyarakat itu hanya satu juta, tapi dengan hadirnya hasil penelitian itu, produk itu bisa memiliki pertambahan nilai sebesar tiga juta. Jadi para dosen sudah diharuskan untuk melakukan itu agar penelitiannya tidak stagnan,” kata M Hattah Fattah M .

Sementara itu, Rektor UMI Prof Dr H Basri Modding, M.Si mengatakan pengetahuan dan motivasi dosen UMI untuk memperoleh bukti kekayaan intelektual dari hasil penelitiannya dalam bentuk pengakuan hak paten.

“Penerima hak kekayaan intelektual untuk mengembangkannya kearah produk komersialisasi. Kemudian pemahaman dosen UMI dalam mengajukan kekayaan intelektualnya melalui lembaga penelitian dan pengembangan sumber daya,” katanya.

“Melakukan pendampingan secara teknis terhadap naskah drama paten dan hak cipta dosen UMI yang akan diajukan,” tambah Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI itu.

Lalu untuk hak cipta, kata dia, adalah terjadi peningkatan pengajuan kekayaan intelektual dalam bentuk hak cipta pada dosen UMI dari setiap tahun khususnya pada 2021.

“Namun sebagian besar pengajuan hak cipta memiliki jenis hasil riset dalam kurung karya ilmiah masih kurang variatif, padahal jenis karya cipta untuk pengajuan hak cipta cukup banyak jenisnya," demikian Basri Modding.

Baca juga: UMI Makassar diharapkan meningkatkan inovasi penelitian

Baca juga: Tiga dosen UMI lolos sebagai asesor akreditasi jurnal ilmiah nasional

Baca juga: UMI Makassar dorong digitalisasi tingkatkan kualitas pendidikan

Baca juga: LLDikti IX dorong UMI-Makassar raih akreditasi internasional

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022