Jakarta, 16/8 (ANTARA) - Dalam rangka implementasi Perpres 78/2005 tentang Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) dan dalam rangka pengembangan PPKT, sebagai bagian integral yang tidak terpisahkan dari NKRI, Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama-sama dengan 13 dari 17 Kementerian/Lembaga (KL) yang tergabung dalam Tim Perpres 78 akan melakukan kunjungan ke Pulau Lingayan, Kab. Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 16-19 Agustus 2011. Rombongan tersebut dipimpin oleh Dirjen. KP3K, dan akan dihadiri oleh Wakil Menteri Perindustrian RI, Deputi IV Kemenko Polhukam, Wakil Gubernur Sulteng, Bupati Tolitoli, Penasehat dan staf khusus MKP dan perwakilan dari 13 K/L terkait.

     Adapun serangkaian acara dalam rangka kegiatan tersebut, di antaranya:

1.  Tatap Muka Dirjen. KP3K, Wakil Gubernur dan rombongan dengan masyarakat Pulau Lingayan pada tanggal 17 Agustus 2011 (sebelum pelaksanaan upacara bendera).

2.   Upacara Bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-66 di Pulau Lingayan, Kab. Tolitoli, sulteng, sebagai salah satu PPKT pada tanggal 17 Agustus 2011

3.   Workshop Pengembangan Pulau-pulau Kecil terluar secara Terpadu pada tanggal 18 Agustus 2011 di Kota Palu.

     Maksud dan tujuan diselenggarakannya beberapa agenda tersebut adalah untuk membangkitkan semangat cinta tanah air dan bela bangsa, di mana Pulau-pulau kecil terluar termasuk Pulau Lingayan adalah beranda depan NKRI yang wajib dijaga dan dipertahankan serta perlu perhatian yang sangat serius dari pemerintah. Untuk itu melalui serangkaian kegiatan ini semua instansi 17 KL dan Pemerintah Daerah (provinsi Sulteng dan Kab. Tolitoli) diharapkan dapat memperhatikan Pulau Lingayan dan PPKT lainnya di Provinsi Sulteng termasuk Pulau Dolangan dan Pulau Solando untuk dapat memperhatikan keberadaan PPKT ini beserta penduduk yang tinggal di dalamnya. Untuk itu ke depan, Tim Perpres akan melakukan kegiatan terpadu lintas KL untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan pembangunan di PPKT, untuk itu pelaksanaan workshop yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2011 dapat menghasilkan rumusan yang komprehensif yang dapat diimplementasikan dan diadopsi oleh 17 KL dan Pemda dalam membangun, mengembangkan dan memberdayakan masyarakat di PPKT sebagai bagian integral yang tidak terpisahkan dari NKRI.

     Rangkaian peringatan 17 Agustus di Pulau-Pulau Kecil terluar merupakan tradisi yang terus menerus dilakukan oleh KKP, Kementerian serta instansi terkait dengan mengikut sertakan pemerintah daerah dan masyarakat setempat guna memperkuat rasa kebangsaan dan semangat NKRI.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc, Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP. 0811836967)

 

 


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011