Kota Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani Karya Abadi, Desa Langkat untuk guna meningkatkan produktifitas usaha dan kesejahteraan petani.

Penyerahan Alsintan ini digelar di Desa Langkat, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Rabu,  disaksikan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Syahfalefi.

"Dengan adanya Alsintan ini semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu para petani dalam meningkatkan produktifitas usaha petani sehingga kesejahteraan para petani juga semakin meningkat. ," kata Syamsuar.

Alsintan ini diserahkan Syamsuar secara simbolis kepada beberapa petani di Desa Langkat seperti benih talas ungu, dolomit, pupuk organik, pupuk hayati, pupuk NPK, herbisida, power thresher, traktor roda empat, traktor roda dua, dan kendaraan roda tiga.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sriwerdana Desa Langkat Bengkalis Jaini, mengatakan senang dan terima kasih atas bantuan Alsintan yang diserahkan Gubernur Syamsuar.

"Kami mewakili kelompok tani di Desa Langkat ini, suatu kebanggan bagi kami para kelompok tani," ujar Jaini.

Ketua Kelompok Tani (Kelompok) Tani Karya Abadi, Selamat, juga mengatakan terimaksih atas bantuan Alsintan yang diserahkan Gubri.

Sebagai penangkar benih yang baru berdiri sejak 2019, Kelompok Tani Karya Abadi telah memproduksi benih 13 ton di tahun 2019, 57 ton benih padi di 2020, 50 ton di 2021 dan 51 ton benih di 2022.

"Terimakasih atas kehadiran Pak Gubernur Riau sekaligus atas bantuan Alsintan dan gudang benih padi, ini sangat bermanfaat untuk kami," kata Selamat.

Bersamaan dengan penyerahan Alsintan tersebut, juga diresmikan gudang benih padi dan lantai jemur kelompok tani Karya Abadi.
Baca juga: Volume komoditas ekspor pertanian Riau 108 juta kg
Baca juga: BSN latih empat IKM alat pertanian di Riau peroleh sertifikat SNI
Baca juga: Gubernur paparkan strategi atasi defisit beras di Riau


Pewarta: Frislidia
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022