Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat pada Senin mengirim makanan dan bantuan medis ke Pakistan untuk ratusan ribu orang yang menjadi korban hujan lebat yang telah menewaskan lebih dari 200 orang.

Bantuan pangan ditujukan untuk hampir 350.000 warga Pakistan, sementara Washington berharap bantuan medis dapat mencapai "sekitar 500.000 orang", kata juru bicara Departemen Luar Negeri Victoria Nuland, lapor AFP.

Amerika Serikat juga akan mengirim tenda dan non-makanan dalam menanggapi permintaan bantuan yang diluncurkan oleh Pakistan pekan lalu, katanya.

Pakistan, sebuah negara bersenjata nuklir tingkat penderitaan yang mengerikan atas kekerasan Taliban dan Al Qaida, sekarang telah melihat petak-petak lahan pertanian yang terendam air untuk tahun kedua di provinsi selatan Sindh, lumbung pangan bangsa.

Seorang petugas mengatakan, situasi di sana bahkan lebih buruk daripada tahun lalu, ketika 21 juta orang dilanda banjir.

"Sejauh ini, 209 orang telah tewas dan 5,3 juta lainnya terkena dampak banjir," Zafar Qadir, kepala otoritas manajemen bencana Pakistan, kepada wartawan. (AK/C003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011