Tangerang (ANTARA News) - Tiga pelajar dari SMK Bina Informatika Kota Tangerang Selatan, Banten meraih juara kompetisi pembuata film pendek animasi tingkat nasional yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan Nasional.

"Pelajar tersebut berhasil meraih juara pertama dan juara favorit dalam film pendek animasi," kata kepala program animasi SMK Bina Informatika, Asep Lukman di Tangerang, Senin.

Asep Lukman mengatakan, kejuaraan yang bertema Edunimasi Festival 2011 tersebut digelar di Nusa dua, Bali selama tiga hari.

SMK Bina Informatika Kota Tangerang Selatan, berhasil mengalahkan pelajar yang berasal dari Bandung dan Garut, Jawa Barat.

"Persaingan dengan pelajar dari sekolah lainnya sangat sengit. Namun, ketiga pelajar tersebut berhasil memenangkan kompetisi," katanya.

Lukman menjelaskan, ketiga siswa SMK Bina Informatika, berhasil terpilih sebagai pemenang karena dari hasil penilaian panitia, ide cerita dan penayangan film pendek animasi yang berdurasi dua menit itu penuh dengan kultur Bali dan Nuansa Indonesia.

"Menurut penilaian panitia, kami menang karena nuansa kami adalah Bali, sementara tim lain nuansanya luar negeri," katanya.

Acara yang diikutsertakan oleh 857 peserta dari seluruh tingkat SMK di tanah air, Lukman mengatakan, siswanya membuat tema dalam kejuaraan edunimasi ini, "Kenali Potensimu, Tentukan Pekerjaanmu".

Sementara itu, Syaiful Rohman (17) selaku kepala tim SMK Bina Nusantara mengaku, bila dirinya bersama kedua temannya, membuat film tersebut selama sebulan.

"Proses pembuatan film itu kami buat selama sebulan, setelah itu kami ikut sertakan dalam lomba ini, dan berhasil meraih juara," kata Syaiful.

Syaiful juga menceritakan, dia meraih juara, saat dia mempresentasikan kepada panitia proses pembuatan dan ide cerita film animasi yang dibuatnya.

"Kami perlihatkan kepada panitia proses pembuatan film animasi ini dari awal hingga akhir,saat pengumuman, tim kami disebut sebagai juara satu dan favorit," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011