Nusa Dua (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di lobi utama Gedung Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Kamis, menyambut kedatangan kepala negara/pemerintahan yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Presiden yang bertindak selaku Ketua ASEAN 2011 mengenakan setelan jas berwarna hitam dan berdasi biru tua didampingi Ani Yudhoyono mengenakan kebaya dan sarung berwarna ungu muda menyambut kedatangan para pemimpin negara anggota ASEAN di karpet merah lobi utama dan berfoto bersama dengan para kepala negara/pemerintahan yang datang satu per satu berdasarkan urutan abjad.

Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen yang pertama tiba di Gedung BNDCC, disusul Sultan Hasanal Bolkiah dari Brunei Darussalam , PM Laos Thongsing Thammavong, Presiden Myanmar Thein Sein, Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak, Presiden Filipina Benigno Aquino III, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Thailand Yingluck Shinawatra, dan PM Vietnam Nguyen Tan Dung.

Upacara pembukaan KTT ke-19 ASEAN akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA di Ruang Nusa Dua 5, BNDCC, diawali dengan menyanyikan bersama hymne ASEAN serta pidato pembukaan oleh Presiden Yudhoyono.

KTT ke-19 ASEAN akan membahas perkembangan menuju pencapaian komunitas ASEAN 2015 dan implementasi Piagam ASEAN yang mencakup tiga pilar komunitas ASEAN dan konektivitas ASEAN. Selain itu, para pemimpin ASEAN akan melakukan pembahasan kerjasama kawasan yang lebih luas mencakup hubungan eksternal ASEAN dan Asia Timur.

Para pemimpin ASEAN juga akan membahas komunitas ASEAN dalam komunitas global bangsa-bangsa serta melakukan pertukaran pandangan mengenai perkembangan dan situasi terkini di kawasan, pemulihan ekonomi global, ketahanan pangan dan energi, serta perubahan iklim.

KTT berlangsung selama tiga hari hingga 19 November 2011 diharapkan akan menghasilkan beberapa dokumen termasuk Deklarasi Bali mengenai komunitas ASEAN dalam komunitas global bangsa-bangsa.

Kepala negara atau kepala pemerintahan China, Korea Selatan, dan Jepang juga dijadwalkan hadir dalam KTT ASEAN+3 dan KTT Asia Timur. Sedangkan kepala negara atau pemerintahan serta menteri senior dari Amerika Serikat, Rusia, Australia, Selandia Baru, dan India hanya akan hadir dalam KTT Asia Timur. (D013)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011