Palembang (ANTARA News) - Kontingen angkat besi putri Thailand mendominasi perolehan medali emas SEA Games XXVI/2011 di Palembang, Sumatera Selatan.

Pada kompetisi cabang angkat besi putri Senin, yang merupakan hari terakhir, dari tiga kelas dan hanya mengikuti dua kelas, semua medali emas diraihnya.

Sehingga total medali yang diperoleh kontingen negeri gajah putih itu lima keping dari enam yang diperebutkan.

Sementara satu kelas lagi yakni +69 kilogram mereka tidak menempatkan lifternya.

Kelima medali emas tersebut diraih pada kelas 48 kilogram dengan lifternya Panida Khamsri.

Lifter putri negeri gajah putih itu membukukan total angkatan seberat 187 kilogram dari jenis angkatan snatch seberat 84 kilogram dan angkatan clean and jerk 103 kilogram.

Emas kedua dipersembahkan lifter Prapawadee Jaroenrattana pada kelas 53 kilogram dengan total angkatan 205 kilogram, dari snatch 90 kilogram serta clean and jerk 115 kilogram.

Sedangkan emas ketiga bagi Thailand diraih oleh Rattikan Gulnoi dengan total angkatan 223 kilogram dari snatch 98 kilogram serta clean and jerk 125 kilogram.

Kemudian, pada kompetisi Senin, dua medali emas yang diraihnya yakni dari kelas 63 kilogram atas nama Pimsiri Sirikaew dengan total angkatan 229 kilogram dari snatch 98 kilogram dan clean and jerk 131 kilogram.

Sedangkan pada kelas 69 kilogram Wiriya Suwannaratana dengan total angkatan 232 kilogram dari snatch 106 kilogram dan clean and jerk 126 kilogram.

Perolehan lima medali emas di kategori putri tersebut melebihi perolehan di kelompok putra yang meraih empat medali emas.

(T013)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011