... juga ingin mengajak wisatawan sebanyak-banyaknya datang ke Kelimutu...
Kupang, NTT (ANTARA News) - Bahwa Provinsi NTT menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri, agaknya masih perlu digalakkan pengenalannya kepada masyarakat luas. Dalam kalender pariwisata NTT, akan Festival Kelimutu 2012, yang dimanfaatkan juga memperkenalkan Sail Komodo 2013.

"Festival Kelimutu ini akan digelar bersamaan Festival Budaya Flores dan Lembata (Florata) di Ende, Flores bagian tengah pada Agustus 2012 mendatang," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT, HA Haris, di Kupang, Minggu.

Keindahan danau tiga warna Danau Kelimutu, paling tidak dikenal orang lewat lembar mata uang rupiah. Tentu akan sangat berbeda rasa, kesan, dan sensasinya jika langsung berada di danau terbesar di Provinsi NTT itu. 

"Sampai saat ini, kami berkoordinasi dengan pusat agar bisa turut membiayai Festival Kelimutu pada Agustus 2012," katanya.

Dia mengatakan, festival ini akan diikuti para peserta dari sembilan kabupaten yakni Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende sebagai tuan rumah, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam bentuk festival kebudayaan dan pariwisata termasuk pentas tari dan kesenian daerah serta penjualan berbagai produk unggulan nasional dan lokal bidang perdagangan dan jasa dari masing-masing daerah.

Saat ini NTT merupakan magnet yang mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi Indonesia dan secara khusus ke daerah tujuan wisata NTT pasca penetapan komodo (Varanus komodoensis) sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

"Kami gelar kegiatan di Ende misalnya karena di Ende ada Danau Tiga Warna Kelimutu. Kami juga ingin mengajak wisatawan sebanyak-banyaknya datang ke Kelimutu," katanya.

Jadi? Ayo ke Festival Kelimutu... baru ke Sail Komodo! (B017)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011