Menko PMK: Presiden apresiasi mudik 2022 berjalan dengan disiplin

id Mudik 2022,Mudik Lebaran 2022

Menko PMK: Presiden apresiasi mudik 2022 berjalan dengan disiplin

Tangkapan layar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan pers terkait evaluasi mudik Lebaran 2022 yang diikuti daring di Jakarta, Selasa (24/5/2022). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo mengapresiasi kegiatan mudik 2022 berjalan dengan disiplin dan patuh terhadap semua kebijakan yang ditetapkan pemerintah.

“Bapak Presiden mengucapkan terima kasih kepada masyarakat terutama mereka yang telah menjalankan mudik tahun 2022 atas kedisiplinan dan kepatuhannya terhadap ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Termasuk di dalamnya adalah tertib menggunakan jalan ketika sedang perjalanan,” kata Muhadjir dalam keterangan pers terkait evaluasi mudik Lebaran 2022 yang diikuti daring di Jakarta, Selasa.

Muhadjir menuturkan kedisiplinan dan kepatuhan tersebut jelas terlihat dari protokol kesehatan yang terus dijalankan oleh masyarakat baik memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kepatuhan juga nampak dari para pemudik yang tertib menggunakan jalan ketika sedang melakukan perjalanan menuju kota tujuannya masing-masing.

Baca juga: Hasil evaluasi mudik Lebaran, COVID-19 terkendali

Dampak dari kepatuhan tersebut, kata Muhadjir, adalah enam parameter yang menjadi fokus dalam penanganan mudik seperti tata kelola lalu lintas, pengendalian COVID-19, bahan pangan, bahan bakar, dan vaksinasi booster menjadi terkendali dan menunjukkan pencapaian yang memuaskan.

“Alhamdulillah sampai saat ini COVID-19 tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan, bahkan cenderung menurun, dan juga capaian dari vaksinasi termasuk booster,” kata Muhadjir.

Sementara untuk angka insiden kecelakaan di tempat tujuan wisata, Muhadjir menjelaskan bahwa angka menunjukkan penurunan drastis bahkan dapat dikatakan nol kasus fatal kejadian di tempat pariwisata.

Baca juga: Pemerintah catat tak ada insiden fatal di tempat wisata saat Lebaran

Hanya satu yang menjadi perhatian pemerintah yakni insiden runtuhnya seluncuran anak-anak di wisata kolam renang Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (7/5), yang menyebabkan 16 pengunjung luka-luka meski tidak ditemukan korban jiwa.

“Sekarang sedang ditangani oleh aparat kepolisian untuk diselidiki lebih lanjut. Kemudian saya juga sudah langsung memeriksa di lapangan, di tempat-tempat, rumah sakit, semuanya sudah ditangani dengan baik,” ujar dia.

Muhadjir juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi mengapresiasi kementerian dan lembaga terkait yang saling berkoordinasi menjaga kegiatan mudik tetap aman dan terkendali.

Baca juga: Menko PMK bantah ada merek vaksin beredar tanpa persetujuan BPOM

Beberapa kementerian atau lembaga yang disebutkan di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, TNI/Polri, pemerintah daerah, Pertamina, PT Jasa Marga, dan PT ASDP Indonesia Ferry.


Pewarta : Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar