Ini menjadi konektivitas dari rumah ke stasiun, lalu ke kantor. Bayangkan kalau dulu macet ke sini, sekarang jadi lebih nyaman.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Tohir meresmikan bangunan Stasiun Pondok Ranji yang baru direvitalisasi sehingga menambah konektivitas dan aksesibilitas bagi masyarakat sekitar.

Seusai meresmikan bangunan baru Stasiun Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Kamis, Menhub Budi Karya mengatakan revitalisasi stasiun tersebut akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

"Ini menjadi konektivitas dari rumah ke stasiun, lalu ke kantor. Bayangkan kalau dulu macet ke sini, sekarang jadi lebih nyaman," kata Budi.

Baca juga: Menhub apresiasi bus listrik dari UI

Bangunan baru Stasiun Pondok Ranji ini menambah akses ke stasiun dari arah kawasan permukiman Bintaro Jaya, yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui Jl WR Supratman Ciputat. Akses Stasiun Pondok Ranji kini bisa dijangkau dari Bintaro dengan bangunan gedung yang menyeberangi jalan Tol Jakarta-Serpong.

Akses baru tersebut, menurut Menhub, dapat mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di pintu masuk Stasiun Pondok Ranji yang sudah ada sebelumnya lantaran berdekatan dengan pintu perlintasan kereta sebidang.

Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan fasilitas layanan transportasi publik untuk mendorong masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

Baca juga: Stasiun Matraman siap uji coba operasional penumpang mulai Kamis

Bahkan Erick menyebutkan pemerintah mendekatkan permukiman masyarakat dengan akses transportasi publik seperti stasiun untuk meningkatkan pemanfaatan transportasi publik.

"Kami terus meningkatkan fasilitas publik secara pelayanan, tapi juga fasilitas transportasi secara menyeluruh. Sekarang kami tingkatkan fasilitas tempat tinggal di sekitar stasiun kereta api. Alhamdulillah kami sudah membangun hampir empat di titik stasiun kereta di mana kami gabungkan dengan perumahan," kata Erick.

Peresmian peningkatan aksesibilitas dan penataan Stasiun Pondok Ranji tersebut juga dihadiri oleh Komisaris Utama PT KAI Said Aqil Siradj dan Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022