Solok (ANTARA) - Sekitar 10 ribu pendaki ikut memeriahkan pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun 2022 di puncak Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

"Alhamdulillah kegiatan upacara yang kita gelar di puncak Gunung Talang pada 17 Agustus 2022 kemarin berjalan dengan lancar tanpa ada rintangan," kata Kepala Bidang Informasi Dan Komunikasi Publik (IKP), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Syofiar Syam, di Solok, Kamis.

Ia menyebutkan berdasarkan data yang dihimpun dari pintu masuk pengunjung Gunung Talang pada pendakian kemarin terdapat sekitar kurang lebih 10.500 pendaki yang ikut melaksanakan upacara penaikan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Talang.

"Alhamdulillah semua peserta yang mengikuti upacara bendera kemerdekaan tersebut sehat dan pulang dalam keadaan selamat. Ada pun beberapa yang mengalami sakit ringan seperti batuk dan pilek akibat pertukaran cuaca. Karena di puncak gunung udara cukup dingin," kata dia.

Kendati demikian tidak mematahkan semangat para peserta untuk mengikuti setiap rangkaian kegiatan pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT RI yang ke-77 tahun.

"Sebelumnya kita telah melakukan pengecekan kesehatan untuk peserta yang akan ikut upacara di puncak gunung. Jika kesehatannya tidak memungkinkan memang tidak dibolehkan ikut mendaki," ujar dia.

Baca juga: Bupati Solok targetkan 20 ribu peserta upacara HUT RI di Gunung Talang

Baca juga: Bupati lepas keberangkatan peserta upacara HUT RI di Gunung Talang


Tidak hanya itu, di puncak Gunung Talang juga terdapat beberapa posko kesehatan dari RSUD Arosuka bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok sehingga peserta yang merasakan sakit langsung dilaporkan ke posko tersebut.

Di samping itu, Syam juga mengatakan agar lingkungan gunung talang tetap bersih dan terjaga setelah pelaksanaan upacara HUT RI, Pemkab Solok juga telah memberikan peraturan dan mengimbau pada setiap pendaki agar menjaga kebersihan.

"Alhamdulillah imbauan itu mereka indahkan," ucap dia.

Sebelumnya, Bupati Solok Epyardi Asda saat memimpin upacara HUT RI di puncak gunung talang, Rabu (17/8) mengatakan bahwa tujuan memilih puncak Gunung Talang sebagai tempat upacara ialah sebagai momen untuk mengenalkan kembali objek wisata Gunung Talang di hari kemerdekaan Indonesia.

"Karena Gunung Talang ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kabupaten Solok. Di puncak ini kita akan melihat empat danau sekaligus yang ada di Kabupaten Solok. Pemandangannya sangat indah," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan sengaja mengajak ASN dan THL di lingkup pemerintah Kabupaten Solok untuk melaksanakan peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-77 di puncak Gunung Talang ini guna dapat menghayati bagaimana perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Baca juga: Pemkab Solok akan gelar upacara bendera 17 Agustus di Gunung Talang

Baca juga: Seratusan pendaki bersiap melaksanakan upacara di puncak Gunung Arjuno

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022