Biasanya yang paling banyak melanggar sopir taksi
Jakarta (ANTARA News) - Petugas gabungan dari Subdinas Perhubungan Jakarta Utara, Satlantas Jakarta Utara dan Garnisun menilang 33 kendaraan karena menerobos jalur transjakarta.

Kasie Pengawasan dan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Utara, Budiyono, Rabu mengatakan, razia sterilisasi jalur bus transjakarta ini untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Sterilisasi dilakukan di jalur bus transjakarta Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok yang kerap dimasuki kendaraan lain selain bus transjakarta.

"Kami menggelar operasi sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB dengan melibatkan personil gabungan dari Sudin Perhubungan, Satlantas Jakarta Utara dan Garnisun. Hasilnya, kami menindak 33 pengemudi angkutan umum yang kedapatan melanggar," ujar Budiyono.

Puluhan sopir angkutan umum tersebut harus memberikan surat tanda uji kendaraan (STUK) atau KIR ke petugas untuk mengikuti sidang tilang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara.

Menurut Budiyono, para pengemudi angkutan umum ini berkilah terpaksa memasuki jalur bus transjakarta karena atas permintaan penumpang.

"Kami sudah peringati agar tidak menuruti kemauan penumpang karena itu melanggar dan konsekuensinya kami tilang," kata Budiyono.

Budiyono mengatakan Jalan Yos Sudarso memang kerap dilanda kemacetan. Terlebih di jalan itu terdapat sedikitnya lima titik persimpangan seperti di depan kantor kodim, depan dealer Daihatsu, kodamar, AHM Astra dan Carrefour. Ditamba banyaknya kendaraan ukuran besar yang melintas di jalan tersebut.

"Kami juga sudah menempatkan petugas di lima titik kemacetan tersebut," katanya.

Budiyono menambahkan, 33 angkutan umum yang ditilang terdiri dari, dua truk tronton, satu bus AKAP, empat mikrolet, dua bus PPD, lima truk, empat mobil boks, empat mobil bak terbuka, dan 11 taksi.

"Biasanya memang yang paling banyak melanggar sopir taksi. Karena kalau macet argo taksi membengkak sehingga penumpangnya banyak yang menyarankan agar sopir taksi itu masuk ke jalur bus transjakarta," katanya.

Selain menggelar operasi sterilisasi jalur bus Transjakarta, ditambahkan Budiyono, pihaknya juga terus menggelar sosialisasi parkir di beberapa pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya di wilayah Jakarta Utara yang kerap dijadikan area parkir.
(009/S023)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012