....asam urat paling banyak diderita masyarakat khususnya mereka yang telah memasuki usia 40 tahun, pria dan wanita."
Gorontalo (ANTARA News) - Namanya unik;  kejuaraan sepak bola "Asam Urat Cup" . Pesertanya juga tak biasa  karena harus berusia di atas 40 tahun.

"Asam Urat Cup" digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo untuk mengingatkan masyarakat soal perlunya hidup sehat.

"Data Dinas Kesehatan Gorontalo, menunjukkan penyakit asam urat paling banyak diderita masyarakat khususnya mereka yang telah memasuki usia 40 tahun, pria dan wanita," kata Wakil Bupati  Gorontalo, Toni Junus, Senin.

Menurut Toni, nama "Asam Urat Cup" sengaja dipilih untuk membangkitkan semangat hidup sehat bagi masyarakat maupun aparatur pemerintahan yang mengikutinya.

Dia menjelaskan asam urat bisa dicegah dengan pola makan yang sehat dan mengurangi makanan mengandung minyak. Dia juga mengingatkan bahwa beberapa makanan khas Gorontalo diolah dengan santan kelapa yang tinggi kandungan minyaknya.

Toni yang juga  Ketua PSSI Kabupaten Gorontalo mengatakan Asam Urat Cup juga digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Patriotik tingkat Provinsi Gorontalo pada 23 Januari .

Kejuaraan itu akan berlangsung di lapangan PS. Surya Star Kelurahan Dutulanaa Kecamatan Limboto.

(A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013