Surabaya (ANTARA News) - Pebulu tangkis Simon Santoso gagal menyumbangkan poin bagi Tangkas Specs setelah ditundukkan oleh Sakai Kazumasa dari Unisys Badminton klub asal Jepang dalam babak penyisihan nomor putra Grup A kejuaraan Djarum Superliga Badminton 2013 di DBL Arena, Surabaya, Minggu.

Simon, peringkat sembilan dunia, mengaku tidak dalam kondisi fit sehingga harus menyerah dengan pemain berperingkat 59 dunia itu langsung dua set 14-21, 16-21.

"Saya akui musuh cukup bagus. Kondisi badan saya juga masih berat, tidak enak rasanya," kata Simon yang baru bermain sejak istirahat total selama lima minggu.

Pertandingan di kejuaraan yang berhadiah total Rp1.6 miliar ini menjadi penampilan perdananya selama 2013 sehingga Simon yang baru mulai berlatih sekitar sepuluh hari ini mengaku masih canggung dan tidak dapat bermain maksimal.

"Kalau sakit sudah tidak tetapi sekali lagi persiapan saya kurang. Saat istirahat total, saya benar-benar tidak pegang raket sama sekali," ujar Simon yang mengaku akan tetap tampil maksimal di pertandingan selanjutnya.

Setelah kekalahan Simon, Tangkas Specs yang sempat tertinggal 1-2 kembali menyamai kedudukan 2-2 berkat kemenangan ganda putra Gideon Marcus Femaldi-Wahyu Nayaka Arya atas Taohata Ryota-Kazuno Kenta dengan skor 22-20, 21-15.

Pada babak penentuan, tunggal putra Alamsyah Yunus berhasil menyelamatkan klubnya dengan menundukkan Yamada Kazushi lewat rubber set 17-21, 21-11, 21-16 sehingga Tangkas Specs unggul 3-2 atas Unisys Badminton klub.

Sebelumnya, andalan Tangkas Specs, Nguyen Tien Minh, yang merupakan pemain peringkat tujuh dunia mempersembahkan kemenangan pertama setelah mengalahkan Takuma Ueda dengan skor 21-16, 21-13.

Pada nomor ganda, Maneepong Jongjit-Nipitphon Puangpuapech gagal menambah skor bagi Tangkas Specs setelah ditundukkan pasangan Hayakawa Kenichi-Endo Hiroyuki lewat rubber set 21-16, 10-21, 13-21.

Tangkas Specs akan ditantang Djarum pada babak selanjutnya, Selasa (5/2) besok. "Target kami tetap ambil poin dan bermain semaksimal mungkin," kata Manajer klub, Hendri Santoso.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013