Bogor (ANTARA News) - Ribuan pengunjung mengisi libur akhir pekan bertepatan hari Paskah dengan berlibur di Kebun Raya Bogor, salah satu objek wisata di kota hujan tersebut, Minggu.

Menurut petugas bagian tiket Kebun Raya Bogor, Suciyarno terjadi peningkatan jumlah pengunjung pada libur akhir pekan ini dari hari biasanya yakni sebesar 15 persen.

"Terjadi lonjakan jumlah pengunjung sedikit, sekitar 15 persen, pada hari Jumat dan Sabtu," kata Suciyarno.

Suci merincikan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor pada hari libur Paskah Jumat (29/3) berdasarkan jumlah tiket yang terjual yakni sebanyak 6.014 tiket. Jumlah ini meningkat di hari Sabtu (30/3) sebanyak 6.373 tiket.

Bila dibandingkan pada akhir pekan sebelumnya, Sabtu (23/3) jumlah pengunjung kebun raya sebanyak 2.827 tiket dan pada hari Minggunya mencapai 4.231 tiket.

Para pengunjung ini, kebanyakan berasal dari kalangan keluarga dan pribadi. Berbeda bila pada hari-hari kerja, pengunjung lebih didominasi kunjungan anak-anak sekolah.

Selain itu, para pengunjung pada akhir pekan ini tidak hanya dari kalangan domestik saja tapi juga warga negara asing.

"Dari sekian jumlah pengunjung yang masuk, ada 10 persennya pengunjung asing," kata Suci.

Menurut Suci, meski terjadi lonjakan pengunjung di akhir pekan ini tapi peningkatannya tidak cukup signifikan bila dibandingkan pada puncak peningkatan jumlah pengunjung di Kebun Raya Bogor terjadi pada hari lebaran Idul Fitri tahun 2012 lalu dimana satu hari mencapai 23.000 tiket terjual.

Bila dibandingkan dengan hari biasa, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor, rata-rata 1.000 hingga 2.500. Banyaknya jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor juga dipengaruhi oleh cuaca.

Saat libur akhir pekan cuaca di Kota Bogor tidak menentu, terkadang panas di pagi hingga siang hari dan mendadak hujan pada sore harinya, sementara jam operasional Kebun Raya Bogor mulai dari pukul 08.00 - 17.00 Wib.

"Kita lihat jadwal, kalau sudah jam 16.30 WIB hujan turun dan suasana di dalam kebun sudah sepi, tiket kita tarik," ujar Suci.

Kebun Raya Bogor salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Bogor. Kebun ini menyuguhkan wisata alam berupa konservasi tumbuhan yang terdapat didalamnya.

Untuk bisa menikmati liburan di Kebun Raya Bogor, pengunjung bisa membeli tiket seharga Rp14.000 per orang untuk domestik dan Rp25.000 per orang untuk turis mancanegara.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013