Washington (ANTARA News) - Para pendukung mantan menteri luar negeri AS Hillary Clinton menciptakan landasan untuk kemungkinan pencalonan Hillary sebagai Presiden Amerika Serikat 2016 dengan meluncurkan satu website berisi foto-foto dan testimoni publik mengenai Hillary.

Situs www.readyforhillary.com ini adalah milik komite aksi politik untuk mantan menlu AS itu.  Komite aksi bernama "Ready for Hillary" ini bertujuan menggalang dana dan merangsang dorongan publik pagi pencalonan mantan ibu negara itu.

"Amerika Siap untuk Hillary dan kami perlu bantuan Anda untuk menjamin ketika dia siap menjawab tantangan, maka kami juga siap mendukungnya,"  tulis situs tersebut.

Clinton kalah dari Barack Obama dalam pencalonan presiden dari kubu Demokrat pada 2008.

"Yang menciptakan Hillary adalah kekuatan, ketegasan dan keteguhan dalam berpendirian. Saya punya insting hal terbaik untuknya akan datang," kata mantan PM Inggris Tony Blair seperti dikutip AFP.

Bintang "Sex and the City" Sarah Jessica Parker juga berpandangan sama. "Dia punya banyak hal untuk ditawarkan dan dibekali untuk mengerjakan semua hal dengan baik, bijaksana, layak, kuat, berwibawa dan berempati."

Komite aksi untuk Clinton ini dibentuk Januari lalu dan telah didaftarkan pada Komisi Pemilihan Pusat. 

Sejak meninggalkan Departemen Luar Negeri 1 Februari lalu, Clinton diselimuti banyak spekulasi mengenai kemungkinannya untuk siap masuk kembali ke politik.

Clinton yang dijuluki "the rock star diplomat" ini pernah mengaku tak berencana terjun lagi ke politik dan mengikuti Pemilu 2016 karena ingin beristirahat setelah dua dekade muncul terus di depan publik, sebaliknya dia ingin menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Namun sejumlah lembaga poling mengunggulkannya sebagai presiden masa datang AS, dan menurut survei Universitas Quinnipiac yang diadakan bulan lalu, dia akan dengan mudah mengalahkan tiga calon presiden dari Republik yang sekarang lagi beredar, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013