Tuapejat (ANTARA News) - Bupati Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Yudas Sabaggalet, menetapkan status darurat selama 10 hari pascabencana banjir yang melanda empat kecamatan di Pulau Siberut.

"Setelah kami meninjau ke lapangan ternyata bencana yang melanda Mentawai luar biasa. Ini merupakan banjir terbesar yang terjadi di daerah ini," katanya di Siberut, Selasa.

Dia menyebutkan, banjir yang melanda Mentawai merendam empat kecamatan di Pulau Siberut, yaitu Siberut Utara, Siberut Selatan, Siberut Tengah dan Sebagian Siberut Barat Daya.

"Karena itu kami menetapkan status darurat bencana selama 10 hari. Banjir sudah berjalan beberapa hari dan sampai saat ini masih belum surut karena masih ada hujan di hulu sungai," katanya.

Menurut dia, selain karena cuaca tidak menentu, status darurat ini juga dikarenakan ekstrimnya cuaca yang menyebabkan sulitnya pendistribusian bantuan.

"Kami kesulitan untuk mencapai daerah bencana, ditambah jumlah logistik yang ada di Pulau Siberut juga sudah menipis karena kapal dari Kota Padang sulit melakukan perjalanan laut yang cuacanya ektrim," kata dia.

Dia mengatakan, status darurat ini dimulai dari 8 sampai 17 April, dan semua pihak terkait akan bekerja ekstra terutama BPBD Mentawai dalam rangka evakuasi dan distribusi bantuan.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013