... karyanya untuk Pink Floyd dari 1968 hingga hari ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kami... "
Jakarta (ANTARA News) - Storm Thorgerson, desainer grafis album milik Pink Floyd meninggal dunia akibat kanker. Keluarga Thorgerson menyatakan ia meninggal Kamis lalu, dikelilingi keluarga dan teman-temannya.

Thorgerson adalah teman semasa remaja para pendiri band asal London Inggris itu. Ia menjadi perancang utama desain di album-album Pink Floyd.

Karyanya yang paling tersohor adalah gambar segitiga dengan garis-garis spektrum pelangi di album The Dark Side of The Moon pada 1973. 

"Dia adalah kekuatan dalam hidup saya, dalam pekerjaan maupun persahabatan kami. Dia selalu ada saat susah dan teman yang luar biasa," kata vokalis dan gitaris Pink Floyd, David Gilmour, melalui rilis.

"Karya-karyanya untuk Pink Floyd dari 1968 hingga hari ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kami," tambahnya, seperti yang diberitakan Reuters.

Selain bekerja dengan Pink Floyd, Thorgerson juga membuat desain untuk Led Zeppelin, Black Sabbath, dan Genesis. Baru-baru ini ia juga bekerja dengan The Cranberries dan Anthrax.

The Dark Side of The Moon salah satu album terlaris sepanjang masa. Album itu dirilis di Inggris tahun 1973 dan menjadi album pertama Pink Floyd yang menduduki posisi teratas di Amerika Serikat.

Bulan lalu, album itu berulang tahun yang ke-40. Desain The Dark Side of The Moon dinobatkan sebagai album terbaik dalam polling yang digelar situs musicradar.com tahun lalu. (*)

Penerjemah: Natisha Andarnigtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013