Saya hanya ingin menikmati kemenangan ini
Bastia, Prancis (ANTARA News) - Atlet Jerman, Marcel Kittel, dari Tim Argos-Shimano memenangi tahapan pertama balap sepeda Tour de France, setelah menyelesaikan adu cepat di lintasan sepanjang 213 kilometer dari Porto-Vecchio ke Bastia di Korsika, Sabtu. 

Kittel mendahului pebalap Norwegia, Alexander Kristoff, tiba di garis finis dan untuk pertama kali dalam karirnya memenangi tahapan dalam tur itu, sementara Danny Van Poppel dari Tim Vacansoleil berada di urutan ketiga.

Kittel menjadi pebalap pertama yang mengenakan jersey kuning pada Tur Prancis ke-100, yang pada Minggu (30/6) akan berlanjut ke tahap kedua dari Korsika di Bastia menyeberang ke Ajaccio dengan jarak 156 kilometer. 

Pebalap Jerman berusia 25 tahun itu juga mendapatkan jersey hijau sebagai sprinter terbaik dan jersey putih sebagai pebalap muda terbaik. 

"Saya tak bisa berkata apa-apa, ini tidak dapat dipercaya. Saya sangat, sangat, gembira. Ini hari terindah dalam hidup saya," katanya kepada televisi Prancis pada akhir tahapan. 

"Saya kira saya sudah menunjukkan bahwa saya salah satu sprinter terbaik. Dua tahapan berikutnya bukan medan yang benar-benar sempurna bagi saya untuk mempertahankan jersey kuning, tapi saya tidak mau memikirkan beberapa hari selanjutnya saat ini. Saya hanya ingin menikmati kemenangan ini," katanya seperti dilansir AFP.

Penerjemah: A.R Loebis

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013