Kami telah nyatakan secara luas dengan setiap negara, yang akan membantu dia, baik dalam transit maupun tempat terakhir bagi dia untuk hidup, bahwa itu akan meningkatkan keprihatinan dalam hubungan kami,"
Washington (ANTARA News) - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Jumat mengatakan, jika permintaan suaka mantan kontraktor intelijen Amerika Serikat Edward Snowden diterima, langkah tersebut akan meningkatkan keprihatinan dalam hubungan AS-Rusia.

"Kami telah nyatakan secara luas dengan setiap negara, yang akan membantu dia, baik dalam transit maupun tempat terakhir bagi dia untuk hidup, bahwa itu akan meningkatkan keprihatinan dalam hubungan kami," kata juru bicara departemen Jen Psaki.

"Namun kita tidak sampai pada saat itu, belum. Mereka masih memiliki kesempatan untuk melakukan hal yang benar dan memulangkan Snowden ke Amerika Serikat dan itulah yang kami harapkan," katanya.

Presiden Barack Obama berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin Jumat sekitar kasus Edward Snowden setelah Gedung Putih memperingatkan Moskow untuk tidak memberikan buronan pembocor itu "platform propaganda" oleh pemberi suakanya.

Seruan itu muncul setelah Snowden mengatakan ia ingin mendapatkan perlindungan sementara di Rusia, di mana ia telah tinggal di satu ruang tunggu transfer bandara, sampai dia bisa mencari cara untuk mendapatkan suaka permanen di Amerika Selatan.

Pembicaraan per telepon Obama-Putin telah dijadwalkan selama beberapa hari.

Gedung Putih memberikan beberapa rincian tetapi mengatakan para pemimpin membahas masalah Snowden dan kerja sama kontra-terorisme dalam rangka penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Sochi tahun depan.

Obama akan melakukan perjalanan ke Moskow pada September untuk pertemuan puncak dengan Putin, dengan siapa ia memiliki hubungan yang rumit, dan terakhir bertemu di Irlandia Utara tahun lalu, sebelum menuju ke KTT G20 di St Petersburg.

Para pejabat tinggi AS memperingatkan Moskow bahwa penawaran status tersebut untuk Snowden akan melemahkan pernyataan bahwa pihaknya tidak ingin urusan itu akan merusak hubungan dengan Washington.

"Menyediakan platform propaganda untuk Snowden bertentangan dengan pernyataan sikap netral pemerintah Rusia sebelumnya," kata Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney.

"Ini juga tidak sesuai dengan jaminan Rusia bahwa mereka tidak ingin Snowden merusak kepentingan Amerika Serikat. "

Carney juga memperbarui seruan AS kepada Rusia untuk mengusir Snowden sehingga dia bisa dikembalikan ke Amerika untuk diadili karena membocorkan rahasia keamanan nasional AS.

Snowden sebelumnya mengatakan kepada para aktivis bahwa ia ingin mencari suaka di Rusia sampai ia dapat melakukan perjalanan ke Amerika Latin, dalam pertemuan pertamanya dengan dunia luar

sejak dia terdampar di bandara Moskow tiga pekan lalu.

Dia membuat pengumuman setelah pertemuan dengan kelompok-kelompok hak asasi manusia di Sheremetyevo di Moskow, yang secara khusus mengesalkan Gedung Putih, demikian Reuters.
(H-AK/B002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013