Bandarlampung (ANTARA News) - Arus mudik penumpang yang melalui Terminal Induk Rajabasa di Bandarlampung Provinsi Lampung mulai mengalami peningkatan.

Jumlah penumpang pada enam hari sebelum atau H-6 Lebaran tahun ini yang melalui terminal ini mulai mengalami peningkatan, dan cenderung lebih tinggi dibandingkan menjelang Lebaran pada tahun lalu, kata Kepala Terminal Induk Rajabasa, Antoni Makky, di Bandarlampung, Jumat malam.

Menurut dia, jumlah penumpang memang belum mengalami peningkatan secara berarti, mengingat hari terakhir sekolah dan bekerja bagi para pelajar dan pegawai adalah pada Sabtu hari ini.

"Hari Sabtu ini umumnya baru liburan sekolah dan pegawai juga mulai Senin (5/8) menjalani cuti bersama Lebaran, sehingga diperkirakan pada Sabtu ini akan terjadi lonjakan penumpang secara signifikan," ujar dia menerangkan pula.

Ia menyebutkan, berdasarkan pendataan dari Kamis (1/8) malam kemarin hingga Jumat (2/8) pagi, sekitar 10.000 orang penumpang mudik yang terdata melalui Terminal Rajabasa.

"Bila dibandingkan dengan tahun 2012 lalu, jumlahnya meningkat lebih dari 100 persen," kata Antoni.

Kepala terminal terbesar di Lampung itu memperkirakan, lonjakan penumpang itu terjadi karena sebagian masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan umum untuk mudik, mengingat kondisi infrastruktur jalan yang sudah semakin baik.

"Jalan-jalan sudah semakin baik, jadi banyak masyarakat memilih menggunakan kendaraan umum untuk mudik daripada menggunakan kendaraan pribadi," kata dia lagi.

Berdasarkan pantauan di Terminal Induk Rajabasa hingga akhir pekan ini, penumpang yang mudik ke sejumlah kota tujuan dalam Provinsi Lampung dan antarprovinsi ke Pulau Jawa mulai mengalami kepadatan dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

Kondisi di ruang tunggu pemberangkatan terminal ini terlihat banyak penumpang yang menempati kursi yang tersedia, untuk menunggu diberangkatkan ke kota tujuan masing-masing, sedangkan bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun antarkota dalam provinsi (AKDP) mulai dipenuhi penumpang.

"Arus penumpang hingga hari Jumat ini mencapai sekitar 4.000 orang, sedangkan saat normal hanya sekitar 3.000 orang," kata Antoni pula.

Menurut dia, puncak arus mudik tahun 2013 ini, diperkirakan terjadi pada empat hari menjelang Lebaran (H-4), karena sudah memasuki libur bersama pegawai negeri sipil (PNS) maupun karyawan swasta.

(AS*B014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013