Sebanyak 3.000 pendukung Moursi berkumpul di luar Masjid Iman di Jalan Makram Ebid untuk mengucapkan selamat jalan kepada sebanyak 300 orang yang tewas selama pembubaran oleh pasukan keamanan...
Kairo (ANTARA News) - Pasukan keamanan Mesir, Kamis malam, mulai membubarkan aksi-duduk baru untuk mendukung presiden terguling Mohamed Moursi di Kairo, demikian laporan stasiun televisi resmi.

Sebanyak 3.000 pendukung Moursi berkumpul di luar Masjid Iman di Jalan Makram Ebid untuk mengucapkan selamat jalan kepada sebanyak 300 orang yang tewas selama pembubaran oleh pasukan keamanan terhadap dua kamp lama mereka.

Tayangan televisi memperlihatkan beberapa ambulans sedang membawa mayat dari Masjid Iman ke kamar mayat yang berdekatan.

Aliansi Nasional untuk Mendukung Keabsahan, perhimpunan pro-Moursi yang terdiri atas sebanyak 30 kelompok Islam dan dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin, menyeru rakyat Mesir untuk menggelar pawai di seluruh negeri tersebut --yang disebut "Jumat Kemarahan", demikian diberitakan Xinhua.

Tujuan aksi itu ialah untuk memprotes pembubaran dengan kekerasan terhadap pelaku aksi duduk pro-Moursi.

Korban jiwa akibat kerusuhan di Mesir, menurut sumber resmi, telah mencapai hampir 600 di seluruh negeri itu sejak pasukan keamanan memulai operasi pembubaran mereka di Kairo dan Giza pada Rabu pagi.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013