Sebanyak 14 ambulans itu nantinya di bawah koordinasi Paspampres.
Denpasar (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Bali mengerahkan 14 unit mobil ambulans untuk melayani delegasi Konferensi Tingkat Tingga Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang mengalami masalah terkait kegawat-daruratan.

"Sebanyak 14 ambulans itu nantinya di bawah koordinasi Paspampres," kata dr Riwan Dharmawan, dari Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, di Denpasar, Sabtu.

Menurut dia, belasan unit ambulans itu akan disiagakan di ring satu atau di sekitar lokasi pertemuan kepala negara untuk mengantisipasi keadaan darurat saat KTT APEC berlangsung.

Selain ambulans, Dinkes Bali juga mendirikan "Intensive Care Unit" (ICU) yang terdiri dari tiga ruangan yang ditempatkan di dekat lokasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginap dan dekat ruang pertemuan kepala negara.

ICU mini itu dijaga oleh dokter spesialis jantung, penyakit dalam, bedah, dan anastesi, serta perawat.

Riwan menambahkan bahwa lokasi "food security" ditangani langsung oleh Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM) Denpasar, Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan Dinas Kesehatan Kodam IX/Udayana di bawah koordinasi Paspampres.

"Semua instansi pmerintahan yang terkait dalam pengamanan APEC sudah dikoordinasikan dan masing-masing bagian sudah ada yang bertanggung jawab," katanya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013