OS X Mavericks memulai sebuah babak baru dalam kisah iBooks,"
Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc telah merilis sistem operasi desktop terbarunya, OS X Mavericks, untuk para pengembang dalam versi preview.

Lalu, apa saja yang baru dalam sistem operasi yang akan luncurkan dan siap diunduh untuk pengguna pada musim gugur mendatang itu?

"OS X Mavericks memulai sebuah babak baru dalam kisah iBooks," kata Apple dalam preview di laman resminya, merujuk pada pembaruan iBooks pada sistem operasi baru itu.

Pada OS X Mavericks, buku yang sudah pengguna unduh melalui iPad, iPhone, atau iPod touch dan tersimpan di iCloud, maka akan secara otomotis tampil juga di iBooks komputer Mac.

Bahkan jika pengguna membaca ibook di iPad, iPhone, atau iPod touch, dapat memulainya dari halaman yang terakhir ditinggalkan di Mac.

Apple juga telah memperbarui aplikasi peta, "Maps", pada OS X Mavericks, dengan tampilan lebih detil serta text label yang lebih jelas dan mudah dibaca. Seperti aplikasi navigasi lainnya, Apple Maps akan menunjukkan tempat-tempat yang dibutuhkan seperti restoran, hotel, bahkan nomor teleponnya.

Sebelum bepergian, pengguna dapat dengan mudah menentukan tempat tujuan pada peta dengan hanya mengklik,  dan Maps akan menuntut perjalanan dari point to point, hingga kondisi real-time lalu lintas.

Fitur kalender OS X Mavericks juga hadir dalam tampilan baru. Lokasi-lokasi acara yang tercatat dalam kalender juga ditampilkan dalam peta, termasuk perkiraan jarak dan waktu tempuh menuju lokasi.

Pembaruan-pembaruan lain yang disuguhkan Apple pada Mavericks antara lain pembaruan browser Safari, dengan tampilan baru "Top Sites" atau laman-laman favorit yang sering dibuka pengguna, kemudian notifikasi adanya email, agenda harian, juga pesan baru.

Notifikasi akan ditampilkan dengan angka yang menunjukkan jumlah pesan email atau pesan text yang belum dibuka atau dibaca.

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013