... kekuatan banyak negara, termasuk Indonesia dan Selandia baru... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - PM Selandia Baru, John Philip Key, mengatakan, kerja sama dengan Indonesia merupakan keharusan sebagai negara yang bertetangga; fokus terbaik adalah di sektor pariwisata dengan mengembangkan industri wisata alam dan pembangunan taman nasional.

"Bahasa Maori mirip bahasa Indonesia. Lebih dari itu, keindahan alam, tidak saja hanya menjadi kekuatan daya tarik Selandia Baru, tapi juga Indonesia," kata Key, di konferensi Tri Hita Karana, Pariwisata dan Pembangunan yang berkelanjutan di Nusa Dua, Bali, Minggu.

"Ini yang menjadi kekuatan banyak negara, termasuk Indonesia dan Selandia baru," kata dia.

Key yang juga mantan menteri pariwisata itu mengatakan, Selandia Baru juga pionir pengembangan pariwisata berbasis keindahan alam yang baik, termasuk membangun taman nasional dengan semangat menjaga dan melindungi kelestarian lingkungan hidup.

Untuk mendorong peningkatan kerja sama pariwisata alam, KBRI di Wellington bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan maskapai Air New Zealand menyelenggarakan program Family Trip ke Bali bagi para wartawan dan agen biro perjalanan wisata Selandia Baru pada 25 September-2 Oktober 2013.

Pewarta: Benny S Butarbutar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013