Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi peningkatan akses keuangan kepada pelajar..."
Bandung (ANTARA News) - Pimpinan Bank Indonesia (BI) Wilayah VI Bandung menyerahkan 900 rekening Tabunganku bagi para pelajar di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, dalam rangkaian "Gerakan Indonesia Menabung" di kawasan Gedung Sate, Minggu.

"Sebanyak 900 rekening Tabunganku hari ini diserahkan bagi para pelajar di Kota Bandung, kelompok ini merupakan nasabah bank potensial di kemudian hari dan sebagai bagian dari kampanye gemar menabung ke bank," kata Pimpinan BI Bandung, Dian Ediana Rae, di Bandung.

Pada kegiatan itu, hadir pula Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, dan para pimpinan perbankan yang beroperasi di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Minggu ini merupakan rangkaian kegiatan nasional Gerakan Indonesia Menabung dimulai di Bandung serta menjadi puncak acara di wilayah Jawa Barat dan Banten.

BI bekerja sama dengan dunia perbankan menyelenggarakan kampanye GIM yang difokuskan pada sembilan wilayah Kantor Koordinator BI, yaitu Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, dan Makassar.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi peningkatan akses keuangan kepada pelajar dan masyarakat luas, khususnya melalui TabunganKu dan Tabungan Pelajar atau Basic Saving Account," kata Dian.

Dalam rangka menumbuhkan budaya menabung dan sebagai wujud kepedulian sosial perbankan terhadap masyarakat, ia mengemukakan, BI bekerja sama dengan perbankan berkomitmen meluncurkan "Gerakan Indonesia Menabung".

Kegiatan ini merupakan rangkaian program Edukasi Keuangan dan Kampanye Gerakan Indonesia Menabung (GIM) yang telah dicanangkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, pada 22 Februari 2010.

Untuk lebih meningkatkan akses keuangan kepada publik, khususnya kalangan pelajar, kemudian diluncurkan produk TabunganKu, tabungan tanpa biaya administratif dengan syarat setoran awal yang rendah.

TabunganKu disambut positif oleh masyarakat dengan pertumbuhan pembukaan rekening yang cukup signifikan. Pada posisi Juni 2013, jumlah rekening TabunganKu adalah 3,93 juta rekening dengan saldo total senilai Rp4,3 triliun atau bertambah 300.000 rekening dibandingkan pada akhir tahun 2012.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013