Zul Sikumbang Jakarta (ANTARA News) - Meskipun besar dan lama tinggal di luar negeri, Dino Patti Djalal tetap memegang teguh nilai-nilai ke-Indonesia-an.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Dewan Penasihat Relawan Dino Patti Djalal untuk Indonesia, Marison Guciano.

"Dino tetap menjadi orang Indonesia dan terus berupaya mengangkat budaya bangsa Indonesia di dunia internasional meskipun ia lama tinggal di luar negeri" kata Marison melalui BBM kepada ANTARA News di Jakarta, Selasa.

Marison menyebutkan, selama menjadi duta besar Amerika Serikat, Dino dan istrinya Rosa Rai Djalal aktif mempromosikan batik ke negara-negara sahabat. Bahkan, belum lama ini Dino juga mengadakan pameran batik dan melombakan desain batik di negeri Paman Sam itu.

"Kalau banyak pejabat kita suka musik musik barat seperti lagu lagu Metalica, Dino lebih menggemari lagu dan tarian daerah nusantara," kata Marison.

Selain itu, menurut Marison, selama 27 tahun pengabdiannya bagi Indonesia, Dino juga telah membuktikan dirinya sebagai diplomat dan negosiator yang ulung di tingkat nasional dan internasional dengan berperan besar dalam pemecahan berbagai konflik di Kamboja, Filipina, dan Laut Cina Selatan.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013