Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi, dan Sekretaris Negara untuk Kementerian Luar Negeri Norwegia, Morten Høglund, melakukan pertemuan  bilateral, Selasa (3/12), membahas peningkatan kerja  sama  perdagangan dan investasi  antara  kedua negara dalam  kerangka Indonesia-European Free Trade Associatian Comprehensive Economic Partnership Agreement (Indonesia-EFTA CEPA/IE-CEPA), serta isu-isu perdagangan lainnya. 

Siaran pers Kementerian Perdagangan yang diterima ANTARA News menyebutkan dalam pertemuan tersebut, Morten Høglund menyampaikan dukungannya terhadap upaya-upaya dari kedua pihak untuk segera mencapai kesepakatan dalam perundingan IE-CEPA.

Putaran perundingan yang ke-9  rencananya akan diselenggarakan pada Mei 2014 di Indonesia.
 
Wamendag Bayu Krisnamurthi menekankan bahwa perundingan IE-CEPA harus "win-win  solution" (saling menguntungkan). Akselerasi  percepatan perundingan IE-CEPA dapat  ditempuh melalui kerja sama bilateral yang lebih dalam dengan negara-negara Anggota EFTA, utamanya Norwegia sebagai salah satu anggota EFTA.

"Indonesia harus mendapatkan keuntungan yang lebih dari perjanjian IE-CEPA, mengingat negara-negara anggota EFTA memiliki kekuatan dan kelebihan sebagai pemasok kelas dunia," jelas Bayu. Ia  juga menekankan pentingnya EFTA dalam meningkatkan kerja  sama  investasi dari yang  sudah mereka lakukan di Indonesia.

Norwegia  sebagai  salah  satu  negara  penghasil  produk-produk perikanan dan pengelola energi dunia diharapkan dapat  lebih mendorong dan meningkatkan kerja sama, baik investasi maupun peningkatan kapasitas industri di Indonesia.

Kerja sama investasi, utamanya energi terbarukan dan energi lainnya diharapkan dapat menjadi pendorong dalam menyelesaikan isu-isu perundingan IE-CEPA yang belum terselesaikan agar tercapai keseimbangan dan keuntungan  bersama dalam perundingan tersebut.

Untuk memulai pembicaraan kerja sama tersebut, kedua menteri merencanakan melakukan pertemuan lanjutan pada awal tahun 2014 di Norwegia, sebelum pelaksanaan forum energi dunia pada bulan April 2014 di negara tersebut.

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013