Medan (ANTARA News) - Sebelas peserta konvensi Partai Demokrat melakukan debat bernegara di Medan yang merupakan bagian dari upaya lebih mengenalkan calon presiden dari partai tersebut kepada masyarakat.

Anggota Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan di Medan, Selasa mengatakan debat ke-11 calon peserta konvensi tersebut dilakukan di Istana Maimun selama dua hari yakni Selasa (21/1) dan Rabu (22/1).

Para peserta konvensi akan dibagi dalam dua kelompok, untuk hari pertama diisi oleh enam kandidat yakni Hayono Isman (anggota Dewan Pembina Partai Demokrat), Irman Gusman (Ketua DPD), Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan), Dahlan Iskan (Menteri BUMN), Ali Masykur Musa (Anggota BPK) dan Pramono Edhie Wibowo (Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat).

Untuk hari kedua, Dino Patti Djalil (Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat), Endriartono Sutanto (mantan Panglima TNI), Marzuki Alie (Wakil Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Ketua DPR), Anies Baswedan (Tokoh Indonesia Mengajar) dan Sinyo Haris Sarundajang (Gubernur Sulawesi Utara).

Ia mengatakan Kota Medan adalah kota pertama dari 10 kota di Indonesia tempat digelarnya debat bernegara ke-11 calon presiden tersebut, dengan tujuan agar masyarakat bisa lebih mengenali sosok kandidat calon presiden dari Partai Demokrat nantinya.

Karena dalam setiap kota, yang menjadi tempat debat bernegara tersebut, masing-masing calon akan menyampaikan visi misi mereka tentang konsep membangun negara sesuai dengan tema debat "Pembangunan Nasional Berkelanjutan".

"Dengan lebih mengenal masing-masing calon, tentunya masyarakat akan lebih familir. Masyarakat bisa melihat langsung para calon serta konsep-konsep yang mereka tawarkan dalam membangun Indonesia," katanya.

Lebih lanjut Hinca juga menjelaskan dipilihnya Istana Maimun sebagai tempat debat tersebut digelar, dengar beberapa pertimbangan, diantaranya istana tersebut adalah sebagai ikon Kota Medan.

Usai dari Medan, acara yang sama juga akan dilakukan dibeberapa kota lainnya seperti Palembang, Bandung, Surabaya, Semarang, Balik Papan, Makassar, Ambon, Denpasar, dan Jayapura.

"Kita akan terus perkenalkan ke-11 calon tersebut kepada masyarakat Indonesia. Acara ini akan terus kita gulir dari kota ke kota hingga Bulan April Mendatang," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014