Waktunya singkat. Kongres harus bertindak untuk memperpanjang kewenangan pinjaman dan perlu bertindak sekarang."
Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional pada Kamis mengatakan bahwa Amerika Serikat harus memperkuat kepercayaan ekonomi dengan segera meningkatkan pagu utang, karena pertempuran baru tentang masalah ini di Kongres semakin dekat.

"Ini penting untuk mengurangi ketidakpastian dengan menaikkan batas utang secepatnya," kata juru bicara IMF Gerry Rice, lapor AFP.

"Ekonomi AS memiliki banyak hal yang terjadi yang menguntungkan saat ini," Rice mengatakan menunjuk ke menguatnya pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja serta kesepakatan anggaran baru.

"Hal terakhir yang ekonomi AS butuhkan sekarang adalah kejutan keyakinan lain seperti debat berkepanjangan tentang apakah AS akan menghormati kewajiban utangnya," kata dia.

Meskipun diperlukan membiayai defisit lebih dari 500 miliar dolar AS tahun ini, departemen keuangan tidak akan mampu meningkatkan utang AS dimulai besok, ketika Kongres memberi mandat penurunan pagu utang.

Pemerintahan Obama telah meminta pagu dihapus atau dinaikkan, memperingatkan bahwa pada akhir Februari, departemen keuangan bisa terpaksa untuk mengingkari kewajiban pembayaran, termasuk utang.

Tetapi Republik di Kongres berusaha untuk melampirkan persyaratan baru pada pengeluaran pemerintah untuk setiap undang-undang yang akan meningkatkan pagu utang.

Awal pekan ini Menteri Keuangan Jacob Lew memperingatkan bahwa tidak meningkatkan pagu utang bisa membahayakan kredibilitas ekonomi terbesar di dunia itu dan mengacaukan pasar keuangan.

"Waktunya singkat. Kongres harus bertindak untuk memperpanjang kewenangan pinjaman dan perlu bertindak sekarang," katanya.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014