Warsawa (ANTARA News) - Amerika Serikat mengirim selusin jet tempur F-16 ke Polandia sebagai bagian dari latihan, di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia, kata Kementerian Pertahanan Polandia, Minggu.

Tiga-ratus prajurit AS juga akan dikirim ke Polandia untuk latihan tersebut. Penempatan itu akan diselesaikan pada Kamis.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel dan Menhan Polandia Tomasz Siemoniak menyetujui penempatan tersebut selama pembicaraan telefon, kata kementerian Polandia itu dalam sebuah pernyataan.

"Satuan itu akan terdiri dari 12 pesawat F-16 dan akan mengangkut 300 prajurit," kata juru bicara kementerian pertahanan Jacek Sonta kepada AFP.

Jet-jet tempur itu dikirim setelah permintaan dari Polandia.

Latihan tersebut semula direncanakan lebih kecil namun kemudian ditingkatkan dan dimajukan karena "situasi politik tegang" di Ukraina, tambah Sonta.

Penempatan di Polandia itu dilakukan setelah Washington mengumumkan bahwa mereka juga mengirim empat pesawat F-15 ke Lithuania untuk memperkuat pengawasan di wilayah udara sekitar kawasan Baltik.

Menurut Kementerian Pertahanan Lithuania, penempatan itu dilakukan sebagai tanggapan atas "agresi Rusia di Ukraina dan kegiatan militer yang meningkat di Kaliningrad," wilayah kantung Rusia yang berbatasan dengan Polandia dan Lithuania.

Polandia sendiri memiliki 48 jet tempur F-16, sementara negara-negara Baltik tidak memiliki cukup sumber daya udara dan mengharapkan perlindungan NATO untuk wilayah udara mereka.

(Uu.M014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014