Jakarta (ANTARA News) - Gol Lionel Messi dan Daniel Alves di babak kedua mengantar Barcelona ke perempatfinal Liga Champions usai mengalahkan Mancester City 2-1 (agregat 4-1) pada leg kedua 16 Besar Liga Champions di Nou Camp pagi ini.

Manchester City yang kalah 0-2 di Etihad pada leg pertama membutuhkan gol cepat dengan menggebrak pertahanan Barcelona pada 10 menit awal laga. Lini tengah Citizen tampak dominan mengalirkan bola kepada penyerang Sergio Aguero. Sayang tidak ada peluang matang yang tercipta.

Namun dominasi serangan City tidak bertahan lama. Duet lini tengah Andres Iniesta dan Xavi Hernandes mengambil alih penguasaan bola di tengah babak pertama.

Neymar sempat mencetak gol di menit ke-20 namun wasit dianulir wasit karena tertangkap offside.

Lima menit kemudian Lionel Messi berhasil menerobos barisan pertahanan Citizen. Namun bola terlepas ketika hanya berhadapan dengan penjaga gawang Joe Hart dan bola justru terlepas dari kaki Messi dan bola disapu oleh Joleon Lescott.

Menit ke-38 Neymar kembali membuat barisan pertahanan City kocar kacir, sayang sepakannya melebar ke sisi kiri gawang City.

Tiga menit kemudian sepakan keras Nasri masih mampu ditangkap Victor Valdes meskipun sempat terlepas.

Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua City memasukkan penyerang Edin Dzeko menggantikan Sergio Aguero yang tampil minim peluang di paruh pertama.

Baru dua menit babak kedua berjalan tendangan first time Dzeko nyaris membuka angka untuk City, namun digagalkan Valdes.

Menit 51 akselerasi Messi dari sisi kanan pertahanan City hampir membuahkan gol, sayang digagalkan mistar gawang. Satu menit kemudian melalui skema serangan balik Dzeko nyaris membuat Valdes memungut bola dari gawangnya namun bola justru tipis diatas gawang Barcelona.

Menit 54 bek Pablo Zabaleta yang merangsek ke dalam kota penalti Barcelona nyaris mencetak gol tapi tendangannya melebar. Empat menit kemudian tendnagan Nasri pun berhasil digagalkan Valdes.

Gol yang dinanti publik tuan rumah akhirnya tercipta pada menit 57. Messi menceploskan bola setelah menerima umpan matang Fabregas, dan kedudukan menjadi 1-0 untuk Barcelona.

City bermain dengan 10 orang ketika menit ke-78 Pablo Zabaleta diusir wasit usai menerima kartu kuning kedua.

Meski hanya bermain dengan 10 orang, Vincent Kompany sukses mencetak gol pada menit 89 memanfaatkan umpan Dzeko. Namun satu menit berselang Barcelona kembali mencetak skor melalui kaki Daniel Alves  di penghujung laga.

Solidnya lini tengah Barcelona membuat lima pemain City harus diganjar kartu kuning dan satu kartu merah.

Livescore juga mencatat Barcelona unggul 55 persen penguasaan bola dengan enam lesakkan ke gawang sementara City hanya empat.

Kemenangan ini membawa Barcelona menyusul PSG, Atletico Madrid dan Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions.

Skor akhir:
Barcelona 2 - 1 Manchester City ( Messi 67, Alves 90 - Kompany 89)
Agregat: 4-1

Susunan pemain:
Barcelona
(4-3-3) : Víctor Valdés (GK), Piqué, Mascherano, Jordi Alba, Daniel Alves; Xavi Hernández (K)Iniesta, Busquets; Fabregas (Sergi Roberto 86), Messi, Neymar (Alexis Sánchez 80).

Manchester City (4-5-1) : Hart (GK), Kompany (K), Zabaleta, Kolarov, Lescott; Milner, Samir Nasri (Navas 75), David Silva (Negredo 72), Fernandinho, Yaya Toure; Sergio Aguero (Dzeko 46)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014