Saya bersedia memelihara komunikasi dengan Tiongkok mengenai masalah ini
Noordwijk, Belanda (ANTARA News) - Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon di Noordwijk, Belanda, dan bertukar pandangan mengenai masalah Ukraina.

Pemimpin PBB tersebut memberi penjelasan kepada Xi mengenai upaya paling akhir PBB sehubungan dengan krisis di Ukraina.

Xi menyatakan dampak rembesan krisis Ukraina telah sangat jelas baru-baru ini dan sesuai dengan kepentingan dan perhatian semua pihak terkait.

Krisis itu mesti diselesaikan dengan cara yang seimbang, kata Xi.

Pihak Tiongkok telah mengajukan usul tiga-pasal, dengan harapan semua pihak yang terlibat akan mencari dasar bersama maksimal dan menghindari peningkatan ketegangan lagi, kata Xi, sebagaimana dilaporkan Xinhua, Senin. Ia menambahkan masalah yang paling mendesak pada saat ini ialah menemukan penyelesaian bagi krisis tersebut.

Sementara itu Ban, saat menyampaikan harapannya bagi penyelesaian damai masalah Ukraina melalui dialog, mengatakan Tiongkok --salah satu anggota tetap Dewan Keamanan PBB-- memainkan peran penting dalam mendorong penyelesaian politik.

"Saya bersedia memelihara komunikasi dengan Tiongkok mengenai masalah ini," katanya.

Xi dan Ban berada di Belanda untuk menghadiri Pertemuan Puncak Keamanan Nuklir ketiga --yang diselenggarakan di Den Haag pada Senin dan Selasa.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014