Mungkin saja sejarah kembali terulang"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Syuro pertama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Maruf Amin akan berusaha memasukkan PKB ke Koalisi Islam.

"Diusahakan agar PKB mau bersatu," ujar Maruf usai konferensi pers di Jakarta, Senin.

Forum Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (FUI MUI) menyeru partai-partai Islam dan yang berbasiskan massa Islam untuk bersatu dalam koalisi menghadapi Pemilihan Presiden mendatang.

FUI MUI adalah gabungan dari 67 organisasi masyarakat Islam di Tanah Air.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Marwan Jafar menyatakan koalisi partai Islam tidak lagi relevan karena selain membutuhkan ongkos politik tinggi tapi juga tidak ada tokoh berelektabilitas tinggi.

Namun Ma'ruf mengatakan, "Banyak tokoh Islam yang bisa diusung misalnya Machfud MD ataupun Jusuf Kalla."

Dia mengatakan bukan tidak mungkin koalisi Islam terjadi seperti pada 1999 ketika partai-partai Islam bersatu untuk mengusung Abdurrahman Wahid sebagai presiden.

"Mungkin saja sejarah kembali terulang," tegas dia.

Pada Pemilu Legislatif 2014, terdapat lima partai yang bernafaskan dan berbasiskan massa Islam yang menjadi peserta Pemilu 2014, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Jika dijumlahkan, perolehan suara kelima partai itu mencapai 32 persen, dan bisa mengusung calon sendiri pada Pemilihan Presiden.

Optimisme serupa disampaikan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. "Meski sulit, koalisi dapat terbentuk," kata dia.

Din menyebut idealnya koalisi Islam dipimpin PKB karena mendapat suara paling tinggi dibandingkan partai-partai Islam lainnya yakni 9 persen.

Pewarta: Indriani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014