Kedua pemimpin menyeru Rusia untuk menghormati integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina dan bekerja untuk menurunkan ketegangan.
London (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan timpalannya dari Inggris, David Cameron, mendesak Rusia untuk membantu mengatasi krisis di Ukraina.

Kedua Perdana Menteri itu sedang mengadakan pembicaraan di Downing Street, Inggris, Kamis.

"Kedua pemimpin menyeru Rusia untuk menghormati integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina dan bekerja untuk menurunkan ketegangan," kata juru bicara Cameron setelah pertemuan.

"Mereka membahas perlunya diversifikasi energi menjelang pertemuan para menteri energi G7 pekan depan," tambahnya.

Kelompok Tujuh Negara kaya telah berkomitmen untuk menerapkan sanksi baru terhadap Rusia. Para pemimpin mereka bertemu tanpa anggota G8, Rusia, di Brussels pada bulan Juni.

Jepang pekan ini menolak visa untuk 23 warga negara Rusia sebagai bagian dari sanksi, seperti halnya dengan Uni Eropa dan Amerika Serikat yang menggenjot sanksi mereka sendiri melawan Rusia.

Namun Abe dan Cameron mengatakan mereka ingin menyepakati prinsip perjanjian perdagangan bebas Uni Eropa-Jepang pada tahun 2015. Demikian diberitakan AFP.

Selama kunjungannya ke London, Abe pada hari Jumat dijadwalkan mengunjungi Taman Olimpiade di London, lokasi Olimpiade 2012 diadakan, sebagai bagian dari persiapan Tokyo Jepang untuk menggelar Olimpiade 2020.

(G003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014